Sabtu, 16 Desember 2017

Perdana Laksanakan UNBK, SMAN 2 Jambi Libatkan Orangtua


Senin, 13 November 2017 | 08:30:07 WIB


Kepala SMK Negeei 2 Kota Jambi Herlinar
Kepala SMK Negeei 2 Kota Jambi Herlinar / Jay

JAMBI - SMA Negeri 2 Kota Jambi, nampaknya telah mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang diperkirakan akan dilaksanakan pada April 2018 mendatang, dengan melakukan koordinasi, dan melibatkan orangtua siswa menyiapkan prasarana UNBK.

Pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 2 sendiri, baru tahun ini dilaksanakan, karena tahun sebelumnya, masih mengunakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Hal ini dikatakan Herlinar, selaku Kepala SMA Negeri 2 kepada metrojambi.com, Senin (13/11).

"Iya, UNBK nanti, SMA Negeri 2 baru perdana melaksanakan," sebutnya.

Menurutnya, pelaksanaan UNBK sendiri di sekolah, sejauh ini persiapannya sudah dinilai cukup, namun sekolah masih kekurangan prasarana, seperti komputer yang akan digunakan siswa mengikuti UNBK.

"Komputer sekolah cuma 40 unit, sementara jumlah siswa kelas XII, 368 orang," jelasnya.

Sehingga, lanjut Helinar, pihaknya melibatkan orangtua siswa, dalam menyediakan prasarana yang akan digunakan anaknya, mengikuti UNBK. "Dengan meminjamkan laptop sebanyak 140 unit," paparnya.

Sehingga, pada pelaksanaan ujian mendatang, sesuai kebutuhan siswa, yang nantinya akan dibagi 3 sesi pelaksanaan ujian, sekolah membutuhkan 180 unit. "Termasuk cadangan, dan 4 unit server," terangnya.

Selain itu, saat ini juga pihaknya tengah mempersiapkan ruangan, yang nantinya akan digunakan siswa mengikuti UNBK, dengan memasang perangkat jaringan.

"Ruangan yang nantinya digunakan ada 3, supaya menampung semua siswa," jelasnya.

Diakui Helinar, untuk 3 ruangan ujian, pihaknya masih terkendala dengan menyediakan ruangan khusus komputer, yang saat ini hanya 1 ruangan, sehingga harus mengunakan ruangan belajar 2 kelas, yang nantinya saat memasang perangkat jaringan, menganggu kegiatan belajar.

"Makanya perangkat jaringan kita suruh pasang setelah siswa pulang sekolah," imbuhnya.

Selain itu lagi, pihaknya juga masih menunggu intruksi dari Disdik, terkait pelaksanaan simulasi UNBK, jelang paksanaan ujian dilaksanakan, yang dilaksanakan serentak dengan sekolah lain.

"Biasanya akhir Bulan November, simulasi dilaksanakan," sebutnya.

Selanjutnya, ia berharap, pemerintah memberikan bantuan untuk pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 2, dengan memberikan bantuan komputer, dan prasarana lainnya.


Penulis: Jay
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments