Rabu, 22 November 2017

Ingin Maju Jalur Perseorangan di Pilwako? Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya..


Jumat, 10 November 2017 | 08:37:40 WIB


Ist
Ist /

JAMBI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi resmi mengumumkan syarat minimal dukungan bakal calon perseorangan pada Pilwako Jambi 2018. Setidaknya sebanyak 34.938 dukungan harus terpenuhi untuk ditetapkan sebagai pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota periode 2018-2023.

 Ketua KPU Kota Jambi, Wein Arifin mengatakan jumlah dukungan ini ditetapkan sesuai dengan Keputusan KPU Kota Jambi Nomor 16/Kpts/KPU-Kota-005.435384/2017. Jumlah itu berdasarkan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Pemilu terakhir.

“Jumlah minimal dukungan yang diserahkan sebanyak 34.938 berdasarkan DPT Pemilu terakhir. Jumlah ini merupakan syarat dukungan pasangan calon perseorangan,” ujarnya, Kamis (9/11) kemarin.

Wein menjelaskan, dukungan ini harus tersebar paling sedikit di enam Kecamatan di Kota Jambi. Penyerahan syarat dukungan dilakukan dikantor KPU Kota Jambi pada 25-29 November 2017.

“Penyerahan syarat dukungan kita buka selama lima hari, dimulai pada pukul 08.00-16.00 Wib,” katanya.

Wein menyebutkan, dalam penyerahan dokumen itu, kandidat harus menyampaikan surat pernyataan dukungan dengan menggunakan formulir B.1-KWK perseorangan atau formulir B.1-KWK perseorangan kolektif yang dikelompokkan dalam satu wilayah Kelurahan. Dukungan itu harus dibuktikan dengan melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) atau Surat Keterangan untuk masing-masing pendukung yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi.

“Lampiran dokumen dukungan dikelompokkan dalam satu wilayah Kelurahan dalam satu Kecamatan, disusun berurutan berdasarkan daftar nama sesuai dengan format Formulir B.1-KWK Perseorangan,” jelasnya.

Kemudian, kandidat Bakal Pasangan Calon Perseorangan harus menyusun rekapitulasi jumlah dukungan dengan menggunakan Formulir B.2-KWK Perseorangan untuk setiap Kelurahan dan Kecamatan yang bermaterai dan ditandatangani.

“Dokumen dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan diserahkan dalam bentuk Softcopydan Hardcopy sebanyak 3 rangkap,” tandasnya.

 


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments