Sabtu, 16 Desember 2017

Kopi Koerintji Kini Jadi Sumber Pendapatan Baru


Jumat, 10 November 2017 | 11:32:37 WIB


Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli bersama Pj Sekda Erwan Malik saat mencicipi nikmatnya kopi kerinci
Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli bersama Pj Sekda Erwan Malik saat mencicipi nikmatnya kopi kerinci / dok/metrojambi

KERINCI– Setelah dinobatkan sebagai kopi terbaik se Indonesia, Kopi Koerintji (Kopi Kerinci) kini mulai dikembangkan. Ramai-ramai petani di Kerinci kini mulai menanam kopi yang juga dikenal dengan sebutan Kopi Arabika itu.

Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar, yang hadir ke Kerinci ikut melakukan tanam Perdana Kopi Arabika dengan Program Opal MCA-Indonesia Grerndev Kerinci Konsorsium SSS, Pundi Sumatra, Rabu (8/11) lalu. Penanaman perdana dilakukan di Bukit Bulat Sungai Renah, Desa Pasar Minggu Kayu Aro Kecamatan Kayu Aro Barat, Kerinci.

Tanah Kerinci yang subur sangat bagus untuk pertanian, termasuk untuk Kopi Arabika. Namun agar berhasil, selain tanah yang subur juga dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan sumber daya manusia untuk menanam dan mengelola kopi itu.

Di samping peningkatan SDM para petani, penyuluh harus terampil dalam mengelola agar hasil tanaman bisa bertambah baik dengan tujuan agar kesejahteraan para petani bisa meningkat. “Kita berharap dengan menanam Kopi Kerinci ini, ekonomi masyarakat bisa meningkat,” ujar Fachrori.

Ia memastikan Pemprov Jambi sangat mendukung para petani Kerinci untuk mengembangkan tanaman Kopi Arabika ini. Termasuk juga tanaman lain yang memiliki potensi perekonomian yang baik, seperti Kulit Manis, kentang, kol, cabai dan sayur lainnya.

"Kita mengetahui semua tanah Kerinci subur dan paling tepat untuk pertanian,” pungkasnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments