Rabu, 22 November 2017

Guru SMA 10 Dituntut Kreatif

Buat Media Pembelajaran, Agar Siswa Tak Jenuh

Sabtu, 11 November 2017 | 13:28:24 WIB


Pemateri sosialisasi pembuatan media pembelajaran dari ISI Padang Panjang. (bawah) 3 Sosialisasi pembuatan media pembelajaran agar guru lebih kreatif di SMA 10 Kota Jambi
Pemateri sosialisasi pembuatan media pembelajaran dari ISI Padang Panjang. (bawah) 3 Sosialisasi pembuatan media pembelajaran agar guru lebih kreatif di SMA 10 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI – Sistem pembelajaran yang baik tentunya akan sampai kepada siswa dengan baik pula. Untuk itu, guru bidang studi diharapkan lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Upaya untuk membenahi sistem pembelajaran agar lebih baik inilah yang kini tengah dilakukan SMA Negeri 10 Kota Jambi. Salah satunya sekolah memberikan sosialisasi dengan mendatangkan pemateri dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Sumatra Barat, Jumat (10/11) kemarin.

Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Padang Panjang Sumbar, Yandri mengatakan, dalam sosialisasi ini disampaikan bagaimana materi yang disampaikan guru di kelas, bisa terserap dengan baik oleh siswa.

"Makanya guru dituntut harus kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran agar menarik dan bisa diterima siswa," ujarnya. Apalagi ketika materi pelajaran disampaikan pada waktu jam genting atau siang hari, sehingga siswa tidak bisa fokus dalam menerima materi. "Biasanya kalau siang hari siswa sudah bosan dan jenuh belajar," jelasnya.

Kondisi ini dapat ditangani, jika guru yang mengajar memiliki kreativitas, dan cara unik saat menyampaikan materi kepada siswanya. "Seperti menggunakan media lain dalam menyampaikan pelajaran," ungkapnya.

Dikatakannya, guru yang menggunakan media multimedia, seperti gambar dan video dinilai dapat mengurangi kejenuhan, sehingga siswa dapat fokus mengikuti kegiatan belajar. "Jadi guru tidak kebanyakan ceramah di kelas," katanya.

Selain itu, siswa juga lebih aktif dengan diajak interaktif setiap melihat tayangan pembelajaran multimedia, dan suasana jenuh tidak akan menghampiri siswa.

Sosialisasi ini direspon baik Kepala SMA Negeri 10, Saifullah. Menurutnya, sekolah sangat berterimakasih atas kedatangan pemateri dari ISI Padang Panjang. "Jadi, guru kita dapat ilmu baru, bagaimana dalam mengajar dituntut lebih kreatif," ujarnya.

Setelah ini, kata Saiful, para guru dapat mengaplikasikan kepada siswa, dalam memberikan pelajaran diharapkan ada perubahan dan tidak terfokus pada ceramah. "Guru harus lebih kreatif dengan menggunakan media multimedia," harapnya.

Dengan metode ini, nantinya juga akan berdampak pada siswa. Ketika guru menyampaikan materi, tidak ada lagi yang sibuk dengan urusan masing- masing, tetapi fokus menerima materi, terutama pada siang hari, ketika siswa jenuh belajar.

Ke depan, bukan hanya media multimedia, tetapi media pembelajaran lainnya dapat diterapkan, dengan konsep yang dinilai kreatif dan unik. "Agar siswa lebih fokus dan aktif mengikuti kegiatan belajar," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments