Rabu, 22 November 2017

Calon Penerima Beasiswa Prestasi Tersisa 780 Peserta

Dewan: Proses Seleksi Perlu Dibenahi

Senin, 13 November 2017 | 10:37:32 WIB


Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Bustami Yahya
Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Bustami Yahya / Istimewa

JAMBI – Penyaluran beasiswa berprestasi di Provinsi Jambi masih dalam tahap verifikasi. Dari ribuan peserta yang mendaftar, kini hanya tersisa 780 orang saja yang dinyatakan lolos setelah di verifikasi online.

Meski demikian, 780 peserta itu belum benar-benar dipastikan lolos. Mereka masih harus menjalani serangkaian proses hingga bisa mendapatkan bantuan beasiswa prestasi Provinsi Jambi itu.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Bustami Yahya mengatakan, ia melihat seleksi penerimaan beasiswa di Disdik Provinsi Jambi masih perlu dibenahi ke depannya. Meskipun sudah cukup baik, namun ia menyarankan agar lebih diperdetail lagi syarat-syaratnya.

Ia mencontohkan, untuk mahasiswa S2, S3 dan dokter spesialis, hendaknya akreditasi kampus harus menjadi penilaian. Sebab, saat ini calon penerima hanya perlu terakreditasi B, dan dilihat sesuai Indeks Prestasi (IP). “Kalau dia kuliah di Jambi dengan kuliah di Universitas Indonesia (UI) kan beda. Harusnya itu juga dinilai. IP 3,7 di Jambi dengan 3,5  di UI tentu beda, itu patut jadi pertimbangan. Jangan hanya IP saja,” terangnya.

Kemudian, untuk ke depan, ia juga menyarankan agar Disdik lebih merinci klasifikasi penerima beasiswa. Misalkan, jelasnya, dibuat kuota untuk masing-masing jurusan.

“Misal kedokteran sekian, teknik sekian, hukum sekian. Karena pasti beda kan tiap jurusan tingkat kesulitannya. Yang S1 hukum tingkat kesulitan pasti beda dengan S1 teknik untuk mendapatkan IP, untuk itu ke depan perlu diperinci lagi,” harapnya.

Ia meminta, Disdik lebih banyak melakukan sosialisasi dalam penerimaan beasiswa ini, sehingga lebih banyak masyarakat yang mengetahuinya. “Kita hanya berharap pelaksanaannya semakin baik, ini untuk kemajuan Jambi,” pungkasnya.

Calon Penerima Beasiswa yang Lolos Verifikasi Online:

Jenis Beasiswa Jumlah pendaftar online jumlah pendaftar lolos Kuota
Diploma 3  553 158 100
Strata 1  4.308 394 300
Strata 2 1.186 150 110
Strata 3 178 62 10
Dokter Spesialis 42  16 27
Jumlah 6.267    

Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments