Rabu, 22 November 2017

SMPN 19 Jambi Kembangkan Bakat Siswa Lewat Panggung Ekspresi


Senin, 13 November 2017 | 11:08:39 WIB


Penampilan siswa SMPN 19 Kota Jambi di panggung ekspresi
Penampilan siswa SMPN 19 Kota Jambi di panggung ekspresi / Jainal Abidin

JAMBI- SMP Negeri 19 Kota Jambi mewadahi siswanya, yang memiliki bakat dalam kreatifitas, baik dalam bidang seni, maupun olahraga, dengan menyediakan panggung ekspresi yang dilaksanakan di sekolah sebulan sekali.

Menurut Kepala SMP Negeri 19, Nanang Sunarya, mengemukakan bahwa kegiatan ini untuk mengembangkan bakat siswa, yang memiliki skill dalam bidang nonakademik, yang dilaksanakan setiap Sabtu pada Minggu pertama.

"Menampilkan tari, vokal, story telling, olahraga, bela diri, dan lain sebagainnya," sebutnya.

Dikatakan lagi, tujuan dilaksanakan panggung ekspresi ini, melatih dan menumbuh kembangkan mental siswa, agar terbiasa tampil di muka umum, dengan menampilkan kreatifitas kesenian, yang ditampilkan.

"Biar kalau disuruh tampil, tidak grogi lagi," katanya.

Dia mengatakan, sekolah juga mengangkat kebudayaan daerah, dengan menampilkan kesenian, baik seni tari, maupun vokal, dengan tujuan siswa mengetahui dan memahami seni daerah tersebut.

Selain itu, pihaknya juga menumbuhkan jalinan silaturahmi di sekolah, sehingga tidak ada kesenjangan sosial antar siswa di lingkungan SMP Negeri 19 Kota Jambi, dan menghindari kenakalan remaja.

"Seperti gank- gank, pergaulan bebas, tawuran, pengaruh narkoba,"  jelasnya.

Dijelaskan Nanang, sebelum menampilkan kreativitas dipanggung ekspresi,  siswa telah mempersiapkan diri, dengan melakukan latihan, dan dibimbing oleh guru pembimbing masing- masing, yang sesuai keahliannya.

" Beberapa minggu, mereka sudah latihan secara rutin, untuk menyiapkan panggung ekspresi," ungkapnya.

Selanjutnya, dengan panggung ekspresi ini, pihaknya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan terus menerus, dan semakin berkembang.

" Baik dari sarana prasaran, maupun penampilan,dan memiliki fikiran fositif," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments