Jumat, 24 November 2017

Pemkot Berencana Pugar Makam Raden Mattaher


Selasa, 14 November 2017 | 10:36:34 WIB


Walikota Jambi bersama Forkompinda berziarah ke makam Raden Mattaher
Walikota Jambi bersama Forkompinda berziarah ke makam Raden Mattaher / Amril Hidayat

JAMBI- Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap 10 November, Walikota Jambi beserta jajaran serta unsur Forkompinda Kota Jambi melakukan ziarah ke makam Raden mattaher yang berada di Legok, Kecamatan Danau Sipin.

Ziarah tersebut dilakukan usai melaksanakan upacara di halaman kantor walikota Senin, (13/11). Usai upacara, Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan bahwa pada kesempatan ini pihaknya sengaja tidak berziarah ke makam pahlawan namun secara khusus berziarah ke makam pahlawan Raden Mattaher.

Ia mengatakan bahwa Raden Mattaher selama ini seolah-olah terlupakan oleh kalangan publik, padahal Raden Mattaher merupakan pahlawan atau pejuang Jambi. "Makanya khusus tahun ini kami mengajak jajaran beserta unsur forkompinda serta Veteran untuk ziarah dan tabur bunga di makam Raden Mattaher. Tempatnya memang agak terpencil yaitu di dekat Danau Sipin," katanya.

Fasha mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu dicontoh dari pahlawan Raden Mattaher, selain kegigihannya dalam mengusir penjajah juga keberaniannya saat mengangkat senjata.

"Tak kalah dengan tokoh pahlawan lainnya seperti Pangen Diponegoro," katanya. Untuk itu, pemerintah Kota Jambi berencana akan memperbaiki atau memugar makam pahlawan Raden Mattaher. Sehingga kedepan tempat tersebut dapat dijadikan sebagai wisata religi bagi masyarakat. "Yang terpenting adalah kita akan mempercantik makam ini, sehingga layak disebut sebagai makam seorang pejuang," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kota Jambi Fartri Suandri mengatakan bahwa pengerjaan akan mulai dilakukan pada 2018. Pemerintah Kota Jambi telah mengalokasikan dana sekitar Rp130 juta untuk memugar makam tersebut. Sehingga nanti makam tersebut dapat dijadikan wisata religi bagi masyarakat karena letaknya yang berdekatan dengan Danau Sipin.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments