Rabu, 22 November 2017

Hukuman Ditambah Jadi 4 Tahun, Mantan Sekda Sarolangun Tak Ajukan Kasasi


Selasa, 14 November 2017 | 15:20:25 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Putusan banding terhadap mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Sarolangun Hasan Basri Harun (HBH) telah turun dan diterima Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jambi beberapa waktu lalu. Putusan banding Pengadilan Tinggi (PT) Jambi itu malah lebih berat dari putusan Pengadilan Tipikor Jambi.

Majelis hakim PT Jambi yang diketuai Kresna Menon, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa HBH dengan penjara 4 tahun. Putusan tersebut naik 2 tahun dari putusan pengadilan tingkat pertama

Terhadap putuasan tersebut, mantan Wakil Bupati Merangin itu tidak mengajukan upaya hukum. Dengan demikian, putusan hukum terhadap HBH dianggap telah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

"Putusannya sudah inkracht, karena hingga batas waktu telah ditentukan yang bersangkutan tidak mengajukan kasasi," kata Makaroda Hafat, Humas Pengadilan Tipikor Jambi saat dikonfirmasi, Selasa (14/11).

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tipikor Jambi yang diketuai Barita Saragin menjatuhkan vonis 2 tahun penjara serta denda Rp 50 juta subsidair 1 bulan kurungan terhadap HBH, terkait kasus pelepasan aset dan pembangunan perumahan PNS Sarolangun.

Putusan ini jauh lebih ringan dari tuntutan JPU. Dimana JPU menuntut terdakwa dengan 7,5 Tahun, denda Rp 200 juta, subsidair 6 bulan.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments