Selasa, 19 Juni 2018


Istri Adirozal Sudah Ajukan Cuti, Monadi: Istri Saya Tidak Ikut Kampanye


Kamis, 22 Februari 2018 | 16:28:24 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI – Agar bisa mendampingin suami saat kampanye, istri calon kepala daerah yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) diharuskan mengajukan cuti diluar tanggungan negara, tidak terkecuali di Pilkada Kerinci.

Sejauh ini baru Naili Husna, istri calon bupati Kerinci, Adirozal, yang telah mengajukan curi ke Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kerinci.

“Baru istri Pak Adirozal yang mengajukan cuti. Dengan pengajuan cuti tersebut ia diperbolehkan mendampingi suami selama kampanye,” kata Kepala BKPSDM Kabupaten Kerinci, Sahril Hayadi, Kamis (22/2/2018).

Menurut Sahril, istri calon bupati dan wakil bupati Kerinci, Monadi-Edison, juga berstatus sebagai ASN, namun sejauh ini belum mengajukan cuti. “Jika nantinya kedapatan ikut berkampanye, maka akan diberikan sanksi tegas,” ujar Sahril.

Sementara itu, komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci, Suhardiman, juga mengatakan istri calon bupati dan wakil bupati yang berstatus ASN atau pejabat negara harus mengajukan cuti diluar tanggungan negara jika ingin mendampingi suami untuk berkampanye.

“Untuk sanksinya kembali kepada instansi yang terkait, yakni BKPSDM Kerinci,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, calon bupati Kerinci, Monadi, mengakui jika istrinya tidak mengajukan surat cuti. Hal ini dikarenakan istrinya tidak ikut aktif dalam pelaksanaan kampanye. “Istri saya tidak cuti, dia juga tidak ikut Kampanye,” kata Monadi.

Begitu juga dengan calon bupati Kerinci lainnya, Zainal Abidin, mengatakan jika istrinya yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jambi tidak ikut berkampanye, sehingga tidak harus mengajukan cuti.

“Istri saya tidak ikut kampanye, jadi tidak harus mengajukan cuti,” katanya singkat.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments