Sabtu, 16 Desember 2017

Tips Android: Menghindari Aplikasi Palsu


Kamis, 30 November 2017 | 14:55:55 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SALAH satu kelebihan sistem operasi Android adalah dukungan open source yang memudahkan kustomisasi sistemnya. Bukan hanya sistem operasi, tapi Android juga memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi Android terbaru.

Berkat kemudahan ini, banyak sekali kasus beredarnya aplikasi Android bajakan dan palsu yang berisi malware! Seram kan? Makanya, yuk hindari aplikasi Android palsu yang berisi malware!

Beberapa hari terakhir, pengguna smartphone Android dihebohkan oleh game Super Mario Run palsu yang berisi malware. Nah, bukan hanya game keren, banyak juga loh aplikasi palsu lain yang berisi malware berbahaya! Makanya, hindari dengan cara berikut:

1. Hindari Download APK Aplikasi Berbayar

Pengguna Android bisa dengan mudah mendapatkan beragam aplikasi Android berbayar dengan mencari file APK dari aplikasi terkait. Nah, dengan memanfaatkan kebiasaan pengguna Android ini, banyak hacker bertindak jahat dengan menyisipkan malware pada APK aplikasi Android berbayar.

Jika pun kamu ingin mencoba aplikasi Android berbayar secara gratis, coba cara Refund di Google Play Store saja.

2. Jangan Asal Berikan Akses Admin

Banyak aplikasi Android meminta akses admin agar bisa berjalan dengan baik. Tapi ingat, jika kamu download APK dari sumber lain, jangan asal berikan akses admin loh! Apalagi jika berasal dari developer yang tidak terkenal.

3. Perhatikan Ukuran File

Saat tidak bisa download dari Google Play Store, pengguna Android bisa gunakan toko aplikasi pihak ketiga untuk menginstal aplikasi terbaik. Tapi ingat, selalu perhatikan ukuran file di toko aplikasi pihak ketiga dengan yang ada di Google Play Store!

Jika ternyata filenya lebih besar dari aplikasi resmi, kamu wajib curiga. Karena bisa jadi ukuran file itu menjadi lebih besar setelah disisipi malware yang bisa mencuri data kamu, kan?

4. Perhatikan Permission

Saat menginstal aplikasi baru, selalu muncul permission. Perhatikan apa saja yang diminta akses oleh aplikasi tersebut. Jika ada aplikasi edit foto atau game offline minta akses ke kontak dan mobile data, kamu wajib curiga.

Oh iya, pengguna Android Marshmallow bisa dengan mudah mengatur permission aplikasi di menu Settings - Apps. Lalu cari App Permissions di masing-masing aplikasi yang kamu instal.

Itu dia 4 cara agar aman dari aplikasi Android palsu yang berisi malware. Pokoknya kamu harus hati-hati ya! Nggak mau kan data-data kamu dicuri hacker gara-gara asal menginstal aplikasi Android?

Yuk lebih bijak dalam menginstall dan menggunakan aplikasi Android!


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: jalantikus.com

TAGS:


comments