Sabtu, 24 Februari 2018

Waspada Banjir! Ketinggian Air Danau Kerinci Sudah Diatas Normal


Minggu, 03 Desember 2017 | 20:41:14 WIB


Banjir yang terjadi di Kabupaten Kerinci beberapa waktu lalu
Banjir yang terjadi di Kabupaten Kerinci beberapa waktu lalu / dok.metrojambi.com

KERINCI - Tingginya intensitas hujan di Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci dalam beberapa minggu terakhir ini membuat ketinggian air di Danau Kerinci naik drastis. Hal ini diketahui setelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sungaipenuh melakukan pengukuran Tinggi Meter Air (TMA) di Danau Kerinci.

Dari hasil pengukuran BPBD Kota Sungaipenuh mencatat TMA Danau Kerinci saat ini sudah mencapai 40 centimeter di atas normal. Naiknya air danau dibarengi dengan naiknya arus Sungai Batang Merao dan Batang Sangkir yang mengalir ke Danau Kerinci. Hingga Kota Sungai Penuh menetapkan siaga banjir.

Syafrizal, petugas BPBD Sungaipenuh mengatakan, naiknya air danau tentu membuat banyak efek dan bila potensi naik menjadi 100 cm, maka penduduk yang berada sekitaran Danau Kerinci dan aliran Sungai Batang Merao harus waspada bahaya banjir.

"Saat ini masih siaga banjir. Surat edaran siaga banjir dan tanah longsor sudah kita keluarkan. Sedangkan untuk Kerinci kita belum tahu. Status siaga merupakan kebijakan daerah, jadi tergantung Pemkab memandangnya," kata saat dikonfirmasi, Minggu (3/12/2017).

Terpisah, koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kerinci, Jamalijas, mengatakan Pemkab Kerinci juga sudah menetapkan siaga banjir. Akan tetepi sejauh ini belum ada laporan banjir parah yang terjadi. Terkait air Danau Kerinci yang meningkat di atas normal, Jamalijas mengaku belum tahu. Hanya saja dia mengakui banyak sawah yang tergenang banjir.

"Kita juga siaga banjir. Tapi saat ini belum ada laporan soal titik banjir. Nanti kita tetap akan pantau karena masuk musim penghiujan," jelasnya Dikatakan Jamalijas, saat kondisi cuaca buruk ini agar waspada. "Kalau kita siap saja dilapangan bila terjadi bencana," jelasnya


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments