Senin, 18 Desember 2017

Gebyar Kewirausahaan SMA 7 Kota Jambi Sukses dan Meriah

Sekaligus Peringati HUT PGRI dan HUT SMA 7 ke-33

Senin, 04 Desember 2017 | 10:51:09 WIB


SMA 7 Pemotongan tumpeng dalam rangka gebyar kewirausahaan SMA Negeri 7 Kota Jambi
SMA 7 Pemotongan tumpeng dalam rangka gebyar kewirausahaan SMA Negeri 7 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Puncak kemeriahan Gebyar Kewirausahaan yang diadakan SMA Negeri 7 Kota Jambi, Rabu (29/11) lalu berlangsung sukses dan meriah dengan aneka kreasi dan olahan siswa, yang ditawarkan setiap stand- stand bazar, disetiap kelas.

Selain itu, SMA Negeri 7 juga memperingati HUT PGRI dan HGN serta hari jadi SMA 7 Kota Jambi ke-33. Memeriahkan peringatan ini juga digelar pentas kreasi siswa.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Disdik Provinsi Jambi yang diwakili Kabid Pembinaan SMA, Abdul Mukti, beberapa kepala SMA/ SMK, Ketua DPRD Kota Jambi dan juga alumni SMA Negeri 7, camat, lurah, Babinsa, Babinkamtibnas, dan alumni, serta masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Kabid Pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi, Abdul Mukti mengaprisiasi kegiatan yang dilakukan SMA Negeri 7. Menurutnya, kegiatan ini bisa mendukung prestasi dan potensi siswa, baik akademik maupun nonakademik, terutama dalam bidang kewirausahaan.

Abdul Mukti menyebutkan, siswa diharapkan memiliki kemampuan yang bisa dikembangkan, dengan perilaku yang baik pula." Akademik, skill dan atitute," sebutnya.

Selain itu, dengan kegiatan kewirausahaan ini, siswa dapat memahami, baik program yang dicanangkan sekolah, sehingga bisa jadi jaminan siswa ketika lulus, untuk membuka peluang usaha.

"Belum tentu, yang lulus sekolah nantinya bisa melanjutkan perguruan tinggi, karena terkendala biaya. Bisa buka usaha. Baik mandiri maupun kelompok," ungkap Mukti.

Kemudian, Mukti juga menyebutkan, dengan usia SMA Negeri 7 yang telah menginjak 33 tahun, tentunya telah banyak capaian-capaian yang diraih, dan ke depan dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekolah, serta dapat melibatkan semua elemen yang ada. "Terutama dukungan masyarakat sekitar sekolah," paparnya.

Ia juga mengucapkan selamat hari guru. Menurutnya guru adalah ujung tombak pendidikan, yang mampu memberikan pendidikan berkualitas pada peserta didik, apalagi telah melahirkan alumni yang sukses, dan mengabdi untuk Jambi.

Ia berharap, sekolah juga terus mendukung kegiatan siswa, bukan hanya kegiatan dalam bidang akademi, tetapi kegiatan yang bersifat nonakademik, yang dapat mengembangkan bakat siswa, yang selama ini terpendam.

"Seperti suguhan yang ditampilkan, baik tari, kompangan, vokal, dan lain sebagainya," katanya.

Sementar itu, Kepala SMA Negeri 7, Samuri mengatakan, puncak perayaan kewirausahaan ini, adalah program sekolah, yakni budidaya pertanian, kerajinan, dan pengelolaan, dari kreatifitas siswa yang telah diberikan pendampingan sebelumnya.

''Kita melihat peluang yang ada seperti pertanian dengan memanfaatkan lahan sekolah. Kegiatan ini juga agar siswa kita punya skill dalam kewirausahaan nantinya," ujarnya.

Ia berharap program sekolah mendapat dukungan dari pemerintah, terutama anggaran yang dapat mengembangkan peluang usaha, apalagi saat ini program pertanian masih menuai kendala.

"Kendala tanam kita, kadang saat mau panen diserang banjir, jadi tidak maksimal hasilnya," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments