Senin, 18 Desember 2017

Numpang di SMK 5, SMP 13 Kota Jambi Tetap Siapkan Laptop


Selasa, 05 Desember 2017 | 10:28:47 WIB


Kepala SMK Negeri 5 Kota Jambi, Mat Rikin
Kepala SMK Negeri 5 Kota Jambi, Mat Rikin / Jainal Abidin

JAMBI - SMP Negeri 13 Kota Jambi, saat ini tengah menyiapkan diri jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 mendatang. Untuk UNBK ini, SMPN 13 tidak melaksanakan secara mandiri melainkan menumpang di SMK Negeri 5 Kota Jambi, karena masih terkendala prasarana UNBK.

Persiapan yang dilakukan SMP Negeri 13 antara lain, melakukan koordinasi dengan pihak SMK Negeri 5 yang akan ditumpangi saat UNBK.

"Koordinasinya sudah final dan kita akan sampaikan ke Disdik," ujar Kepala SMP Negeri 13, Saiful Anwar belum lama ini.

Dikatakannya, sejauh ini SMK Negeri 5 telah menyiapkan prasarana UNBK, baik komputer, server dan jaringan internet serta listrik untuk siswa Kelas XII SMK Negeri 5 mengikuti UNBK, sebelum digunakan oleh SMP Negeri 13.

"Kalau informasinya, saat ini di SMK Negeri 5 komputer sudah tersedia 20an unit. Kendati demikian, kita tetap siapkan juga laptop. Ini untuk antisipasi kalau kurang," jelasnya.

Setelah tersedia prasarana UNBK, pihaknya akan melaksanakan simulasi UNBK tahap II dan tahap III di SMK Negeri 5. Sebab, selama ini sekolah melaksanakan simulasi UNBK di warnet.

Terpisah Kepala SMK Negeri 5, Mat Rikin membenarkan, pihaknya telah ditemui SMP Negeri 13. ‘’Pihak SMP 13 akan menumpang untuk UNBK. Kita usahakan prasarana UNBK nantinya terpenuhi," katanya.

Sejauh ini, sebut Mat Rikin, sekolah masih kekurangan prasarana, terutama komputer UNBK yang tidak sebanding dengan jumlah siswa. "Kalau komputer semuanya 21 unit, tapi yang bisa digunakan 13 unit," ungkapnya.

Makanya, pihaknya akan mencari solusi dengan melakukan peminjaman pada orangtua siswa dan guru yang memiliki laptop. "Tapi kita sangat berharap, Disdik membantu kendala ini," harapnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments