Senin, 18 Desember 2017

Kebakaran Masih Sering Terjadi, Safrial Sebut Permukiman Warga Perlu Ditata Ulang


Selasa, 05 Desember 2017 | 13:36:09 WIB


Kebakaran yang terjadi di Kuala Tungkal, Jumat (1/12/2017)
Kebakaran yang terjadi di Kuala Tungkal, Jumat (1/12/2017) / dok/metrojambi

KUALATUNGKAL – Padatnya permukiman penduduk menyebabkan wilayah Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), rawan terjadi kebakaran. Seperti yang terjadi beberapa hari lalu, kebakaran menghanguskan puluhan rumah warga dan juga bangunan lainnya.

Terkait hal ini, Bupati Tanjabbar, Safrial, berpendapat jika permukiman penduduk di Kualatungkal perlu ditata ulang, agar tidak semrawut. Ia pun telah meminta agar dinas Perumahan dan Permukinan untuk melakukan penataan ulang.

“Memang tata kota di Kualatungkal ini sembrawut. Perlu pembenahan untuk mengantasipasi terjadinya kebakaran,” kata Safrial, Selasa (5/12/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Tanjabbar, Netti Martini, mengatakan penataan kawasan kumuh memang sudah diprogramkan untuk tahun 2018 mendatang, dimana salah satu tujuannya untuk mengantisipasi kebakaran.

“Kita ada program bedah rumah serta menata ulang kawasan pemukiman yang rawan kebakaran,” ujar Netti.

Ditambahkannya, indikator rumah sehat ada beberapa faktor penunjang seperti jalan lingkungan, serta air bersih untuk daerah rawan bencana. “Ke depan drainase juga akan dibangun di permukiman warga untuk menyediakan air apabila terjadinya kebakaran,” pungkasnya.


Penulis: Muammar Solihin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments