Senin, 18 Desember 2017

Siswa Harus Penuhi Standar KKM

Ujian Praktik SMK Fania Salsabila

Selasa, 05 Desember 2017 | 16:23:15 WIB


Siswa SMK Fania Salsabila saat melakukan ujian praktik semester ganjil
Siswa SMK Fania Salsabila saat melakukan ujian praktik semester ganjil / Jainal Abidin

JAMBI - Selain penilain ujian tertulis semester yang akan dimasukkan di raport, siswa SMK Fania Salsabila juga harus menuntaskan dengan pencapaian nilai standard kriteria ketuntasan mininal (KKM) pada ujian praktik semester ganjil.

Semua jurusan mulai keperawatan, farmasi, maupun teknik laboraturium medik harus menuntaskan nilai yang sudah menjadi standard KKM.
"Ujian praktik ini dilaksanakan semua jurusan dan tingkatan kelas jelang ujian tertulis," ujar Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK Fania Salsabila, Zulfahmi, Selasa (5/12/2017).

Menurutnya, penilaian praktik ini dilakukan sesuai prodi masing-masing jurusan. "Jurusan keperawatan praktik pemeriksaan tanda-tanda vital dan keasuhan keperawatan," jelasnya.

Untuk jurusan farmasi, pihaknya melakukan pengujian pembuatan resep serbuk dan kesediaan obat larutan, sesuai petunjuk dan anjuran kesehatan dunia medis. "Baik komposisi dan kebutuhan dalam resep tersebut," katanya.

Sementara untuk jurusan teknik laboraturium medik, siswa melakukan pemeriksaan kesehatan pasien dengan melakukan pemeriksaan darah. "Baik tensi, maupun pemeriksaan darah lainnya," ungkapnya.

Sekolah kejuruan yang bergerak dibidang kesehatan ini juga melakukan penilaian standard KKM, apakah siswa telah mamahami dan dapat melaksanakan materi yang disampaikan di kelas sebelumnya.

"Makanya siswa diuji dengan praktik, setelah mereka belajar secara teori. Ini untuk pengisian raport pada kolom penilaian praktik," sebutnya.
Zulfahmi menyebutkan, apabila tidak memenuhi standard nilai KKM, pihaknya akan melakukan pengayaan, menyampaikan ulang materi sebelumnya, agar siswa memahami materi yang belum dipahami. "Baru kemudian ujian remedial," katanya.

Melalui ujian praktik, diharapkan siswa memahami seluruh materi yang telah disampaikan. "Kalau diawal tidak paham, materi selanjutnya tidak akan paham, karena saling berhubungan dan berkelanjutan," terangnya.

Bukan itu saja, siswa juga harus dapat mengaplikasikan langsung materi yang diberikan di kelas melalui praktik di lapangan sesuai jurusan masing- masing. "Ini merupakan bekal setelah menyelesaikan pendidikan dan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments