Senin, 18 Desember 2017

Tak Penuhi Standar KKM, Nilai Ujian Ditulis Menggunakan Pensil


Selasa, 05 Desember 2017 | 16:29:32 WIB


Suasana ujian semester ganjil yang berlangsung di SMP Negeri 14 Kota Jambi
Suasana ujian semester ganjil yang berlangsung di SMP Negeri 14 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Siswa-siswi SMP Negeri 14 Kota Jambi, saat ini tengah mengikuti ujian semester ganjil yang dimulai 4 Desember lalu. Ujian ini untuk melihat kemampuan belajar siswa selama satu semester.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMP Negeri 14, Hapid MPdi mengatakan, untuk penilaian hasil ujian semester ini dalam buku raport pihaknya membedakan antara siswa yang memenuhi standard Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan yang tidak.

"Kalau memenuhi KKM akan ditulis menggunakan pena, tapi kalau tidak memenuhi standar, nilainya ditulis menggunakan pensil," ujarnya, Selasa (5/12) kemarin.

Menurutnya, penilaian pada ujian semester ini, masih menerapkan pembelajaran Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Sedangkan Kurikulum 2013 penilaian dilakukan sesuai bobot Abjad.

"Kita di SMP Negeri 14 saat ini masih menerapkan dua kurikulum, yakni KTSP dan K 13. Bobot A nilai 89-100, bobot B 77-88, bobot C 65-76 dan bobot D nilai di bawah 65," jelasnya.

Dikatakannya, dalam penilaian ujian ini, siswa tidak diharuskan menuntaskan hasil ujiannya secara keseluruhan mata pelajaran, karena setelah ujian akan dilakukan ujian ulang bagi nilai yang belum memenuhi standard KKM.

"Bagi yang belum memenuhi standara KKM, akan ikut ujian remedial, ini untuk perbaikan nilai setiap pelajaran," paparnya.

Pelaksanaan ujian sendiri, kata Hapid, pihaknya menggabungkan siswa dari semua jenjang kelas ke dalam satu ruangan. "Tiap satu ruangan diisi sebanyak 36 peserta ujian," katanya.

Ujian juga dilakukan pengawasan oleh guru, baik guru yang mengajar mata pelajaran maupun guru kelas, yang dilakukan secara bergantian.
Ia berharap, siswa dapat mengikuti ujian ini dengan baik dan tidak ada kendala. Siswa juga diharapkan dapat mencapai nilai standard KKM yang ditentukan sekolah. "Terutama siswa dapat memahami pelajaran yang telah disampaikan guru," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments