Senin, 18 Desember 2017

Pemkab Merangin dan PLN Teken MoU Pemungutan Serta Penyetoran Pajak Penerangan


Selasa, 05 Desember 2017 | 16:37:41 WIB


Bupati Merangin, H. Al Haris menandatangani MoU bersama PT PLN
Bupati Merangin, H. Al Haris menandatangani MoU bersama PT PLN / Andi Kurniawan

BANGKO - Bupati Merangin, H. Al Haris, Selasa (5/12/2017), menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) pemungutan dan penyetoran pajak penerangan jalan serta pembayaran rekening listrik Pemerintah Kabupaten Merangin dengan PT PLN (Persero).

Acara penandatanganan MoU tersebut berlangsung di ruang pola kantor Bupati Merangin, dan disaksikan para kepala instansi terkait di jajaran Pemkab Merangin.

“MoU ini sangat penting, yang akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujar Haris saat dikonfirmasi usai penandatanganan MoU.

Pada kesempatan itu, Haris juga mengucapkan terimakasih kepada pihak PLN yang telah membangun jaringan listrik, sesuai dengan yang diusulkan Pemkab Merangin, yakni sampai ke kawasan Jangkat dan sekitarnya.

Selain itu, Haris juga mengatakan jika ia sudah membuat surat edaran agar masyarakat menggunakan listrik pra bayar, karena lebih hemat dan menguntungkan. “Listrik pra bayar tersebut jumlah pemakaiannya diatur sendiri oleh pelanggan,” tandasnya.

Sementara itu, Manager PLN Areal Bungo Riduan Adam menegaskan, saat ini telah terjadi pembengkakan tunggakan pembayaran rekening listrik di Kabupten Merangin sebesar Rp 2,6 miliar.

“Paling banyak tunggakan itu terjadi di Kota Bangko. PLN nanti akan mengambil sanksi pemutusan aliran listrik sampai pembongkaran meteran. Bila meteran telah dibongkar, untuk menyambung lagi dilakukan pemasangan baru,” kata Riduan.

Sedangkan untuk PAD Kabupaten Merangin lanjut Riduan Adam, setiap tanggal 16 atau sebelum tanggal 20, dananya akan langsung ditransfer ke rekening daerah. “Untuk tahun depan besarnya dana yang akan ditransfer sebesar Rp 13,5 miliar,” pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments