Senin, 18 Desember 2017

SMPN 19 Terapkan K13 Dalam Ujian Semester Ganjil


Rabu, 06 Desember 2017 | 16:27:41 WIB


 Kepala SMPN 19 Kota Jambi Nanang Sunarya
Kepala SMPN 19 Kota Jambi Nanang Sunarya / Jainal Abidin

JAMBI – Penerapan Kurikulum 2013 (K13) di SMP Negeri 19 Kota Jambi tahun ini mulai dilaksanakan. Diantaranya pada ujian semester ganjil kali ini, siswa diminta menyiapkan map plastik untuk lembaran hasil ujian.

Pada tahun sebelumnya penilaian hasil ujian semester masih mengunakan buku raport untuk mengisi nilai ujian semester siswa. Kepala SMPN 19 Kota Jambi Nanang Sunarya menyebutkan, upaya ini dilakukan sekolah sebagai bentuk penerapan kurikulum 2013 yang tidak lagi menggunakan buku raport, tetapi berupa lembaran.

"Makanya sekolah berinisiatif mengamankan lembaran nilai hasil ujian tersebut ke dalam map agar tidak rusak atau tersobek," ujarnya, Rabu (6/12) kemarin Dikatakan Nanang, baru tahun ini SMPN 19 melaksanakan penerapan K13. Selain itu, sekolah juga baru tahun pertama ini, menerapkan aplikasi e-raport yang telah disediakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). "Sementara ini baru kita terapkan untuk siswa Kelas VII," sebutnya.

Sedangkan untuk penilaian hasil ujian semester Kelas VIII dan Kelas IX, masih menggunakan penilaian buku raport seperti biasanya. "Karena masih menggunakan KTSP," ungkapnya. Dijelaskannya, untuk ujian yang saat ini tengah dihadapi siswa, soal ujian Kelas IX juga sudah ada yang menggunakan essay, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, PKN dan IPS.

‘’Ini juga untuk melatih siswa mengerjakan soal USBN nanti. Jadi mereka sudah disiapkan dari ujian semester saat ini. Ini sesuai kesepakatan Disdik dan MKKS beberapa waktu lalu," jelasnya.

Pada soal essay, kata Nanang, lebih pada penjelasan uraian jawaban soal yang terstruktur, siswa harus merepleksikan pengetahuan yang dipelajarinya, sesuai mata pelajaran yang diujikan. "Jadi tidak mengandalkan soal pilihan ganda," terangnya.

Sebelum siswa diberlakukan ujian essay, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu, agar siswa tidak terkejut ketika mengikuti ujian. "Karena ini kali pertamanya, soal ujian semester ada essaynya," paparnya.

Selain itu, siswa juga harus menuntaskan hasil ujian semester ganjil, sesuai standard penilaian KKM dalam setiap mata pelajaran yang diujikan. "Rata- rata standar KKM 75 untuk semua mata pejaran," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments