Senin, 18 Desember 2017

Soal Ujian Semester Dibuat Sesuai K13


Rabu, 06 Desember 2017 | 16:31:50 WIB


Suasana ujian semester ganjil di SD Negeri 66 Kota Jambi
Suasana ujian semester ganjil di SD Negeri 66 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Ujian semester ganjil di SD Negeri 66 Kota Jambi untuk tahun ini sudah menggunakan model tema. Sebab, di sekolah ini telah menerapkan Kurikulum 2013 (K13) dalam satuan pendidikan.

"Materi yang diujikan sesuai tema pembelajaran yang diajarkan pada semester awal," ujar Kepala SD Negeri 66, Ismail Majuri, Rabu (6/12) kemarin.

Menurutnya, dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM), dalam satu tahun akan mempelajari beberapa tema berbeda, sesuai pembahasan dan tingkatan kelas. "Dalam 1 tahun ada 9 tema, semester ganjil 5 tema dan semester genap 4 tema," jelasnya.

Kendati demikian Ismail menyebutkan, tidak semua mata pelajaran yang diujikan menggunakan tema, karena masih ada yang menggunakan sub pembahasan seperti biasanya. "Seperti pelajaran PAI, PJOK, PLH, dan Mulok," sebutnya.

Begitu pula dalam pembuatan materi ujian, sesuai materi yang sudah disampaikan dan mengacu pada kompetenai dasar (KD) masing-masing tema. "Soal ujiannya berdasarkan kisi-kisi dari pada kompetensi dasar tersebut," paparnya.

Selain itu, dalam pembuatan soal juga tidak semuanya diserahkan ke sekolah yang menyelenggarakan. Ada juga soal yang dibuat tim pembuat soal UPTD, sesuai penerapan Kurikulum 2013.

"Kalau Kelas I dan Kelas II, soal yang buat sekolah, sementara soal Kelas III hingga Kelas VI dibuat oleh tim pembuat soal UPTD," katanya.
Dikatakannya, bagi siswa yang dinilai lambat dalam menyerap pelajaran, pihaknya akan melakukan pendampingan terhadap siswa tersebut.
Upaya ini dilakukan agar siswa tersebut nantinya tidak tertinggal dengan siswa lain, dan bisa memahami pelajaran yang telah disampaikan. "Pendampingan dilakukan di luar pelajaran sekolah," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments