Senin, 18 Desember 2017

Siswa TK KGS Jambi Diajak Tanam Padi dan Tangkap Ikan


Kamis, 07 Desember 2017 | 14:45:12 WIB


Antusias siswa TK Kanaan Global School saat mengikuti kegiatan di luar kelas
Antusias siswa TK Kanaan Global School saat mengikuti kegiatan di luar kelas / Jainal Abidin

JAMBI - Pembelajaran pra sekolah tidak harus dilakukan di dalam ruangan. Peserta didik akan lebih senang, jika proses pembelajaran dilakukan di luar sekolah dengan kegiatan belajar sambil bermain.

Seperti yang dilakukan siswa TK Kanaan Global School (KGS) Jambi. Sekolah ini, melakukan kegiatan menanan padi dan menangkap ikan dengan mengunjungi Kampung Rajo beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini merupakan pengembangan pembelajaran tema yang diajarkan di kelas, yakni tema moment with friend atau bersama teman-teman di luar ruangan/

‘’Salah satu kegiatannya adalah mengajak peserta didik melakukan field trip, seperti menanam padi dan menangkap ikan," jelas Kepala TK KGS Jambi, Edwina N Utami.

Disebutkannya, kegiatan ini bertujuan agar siswa lebih mengenal lingkungan alam yang ada di sekitar dan terlibat langsung dalam melakukan kegiatan. "Supaya siswa bisa belajar dengan bergerak," paparnya.

Kegiatan belajar sambil bermain, ini, kata Edwina, dapat meningkatkan kecerdasan anak usia pra sekolah dan dapat meningkatkan kreatifitas dalam berekspresi, ditambah belajar langsung dari alam yang ada di lingkungan sekitar.

Dikatakannya, kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan, agar setelah siswa menanam padi, jadi tahu proses pertumbuhannya dan setelah ikan ditangkap nantinya juga akan diketahui. "Sebelumnya siswa juga diajak dalam prosea pembibitan," sebutnya.

Ia menilai, meskipun kegiatan ini baru dilakukan peserta didik, namun siswa sangat antusias mengikuti. Selain itu, sekolah juga melarang orangtua ikuti kegiatan ini. "Supaya anak bisa mandiri, tidak bergantung pada orangtua," imbuhnya.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai pendidikan karakter di bangku TK yang harus ditanamkan sajak dini. "Sajak usia pra sekolah," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments