Senin, 18 Desember 2017

Pelajaran Tambahan Jadi Materi Ujian di SMP Al Muthmainnah


Kamis, 07 Desember 2017 | 14:47:30 WIB


Siswa SMP Al Muthmainah saat mengerjakan soal ujian semester ganjil
Siswa SMP Al Muthmainah saat mengerjakan soal ujian semester ganjil / Jainal Abidin

JAMBI - Ujian semester ganjil di SMP Al Muthmainnah Kota Jambi akan berakhir hari ini. Tidak seperti di sekolah lain yang mengikuti jadwal Dinas Pendidikan, SMP Al Muthmainnah, menggelar ujian lebih awal.

Ketua panitia ujian semester SMP Al Muthmainnah, Zulfi Dhani Mardewita menyebutkan, ujian di SMP Al Muthmainnah tidak seperti sekolah lain. Sebab, selain pelajaran pokok, pelajaran tambahan juga diujikan, sehingga harus lebih dulu melaksanakannya.

"Kalau jadwal dinas pendidikan mulai ujian 4 Desember, sementara kita sudah mulai sejak 27 November lalu," ujarnya, Kamis (7/12) kemarin.
Dikatakannya, pelajaran tambahan yang diujikan sesuai program dan visi misi SMP Al Muthmainnah yang mengedepankan pengetahuan agama bagi siswanya, selain memberikan pendidikan umum bekal masa depan. "Pelajaran tambahan seperti Fiqh, SKI, Tahfiz, Quran Hadist dan Akidah Ahlak," jelasnya.

Ia menilai selama pelaksanaan ujian, siswa mengikuti dengan baik, tanpa mengalami kendala yang bisa mengganggu pelaksanaan ujian itu sendiri.

Selain itu, sekolah juga mengupayakan agar suasana ujian tidak membosankan. Seperti, membagi siswa dari semua jenjang pendidikan ke dalam beberapa ruangan.

"Kalau ruang ujian isinya satu kelas, takutnya siswa bosan, karena tiap hari sudah ketemu," ungkap Zulfi.

Selain itu, sekolah yang berada di kawasan Mayang Mangurai ini memberikan dua jenis soal yang berbeda, pilihan ganda dan essay, dengan penilaian standard KKM masing-masing pelajaran 65 hingga 80. "Soal pilihan ganda 40 pertanyaan dan essay 5 soal," ungkapnya.

Dikatakannya, meskipun hasil ujian semester secara keseluruhan belum dilakukan penilaian, namun secara materi pelajaran yang telah dikoreksi siswa mengalami peningkatan dari hasil ujian harian dan mid semester sebelumnya.

Selain itu, sekolah juga nantinya akan melakukan ujian remedial bagi siswa yang belum memenuhi standard KKM. Remedial akan dilaksanakan selama 3 hari, jelang hasilnya dibagikan pada penerimaan raport 12 Desember mendatang. "Jadwal remedial 9, 11 dan 12 Desember nanti," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments