Senin, 18 Desember 2017

Polsek Sabak Barat Bedah Rumah Tak Layak Huni


Kamis, 07 Desember 2017 | 16:23:19 WIB


Polsek Muarasabak Barat melakukan program bedah rumah
Polsek Muarasabak Barat melakukan program bedah rumah / Nanang Suratno

MUARASABAK - Prihatin dengan kondisi rumah Kadir, warga RT 05 Kelurahan Nibung Putih yang tak layak huni, Polsek Muarasabak Barat, Polres Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) berinisiatif menggalang dana untuk melakukan perbaikan. Rumah dengan ukuran 5 x 6 meter yang dihuni Kadir beserta istrinya dan 5 orang anaknya itu rencananya akan direhab menjadi rumah permanen.

Selain penggalangan dana, seluruh anggota Polsek Muarasabak Barat juga ikut turun membantu dalam merehab rumah Kadir dan keluarganya. Seperti mengangkat material bangunan, anggota Polsek Muarasabak Barat juga membantu memasang bata dinding rumah dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan dalam bentuk kepedulian anggota kepolisian terhadap masyarakat ekonomi bawah.

Suyarti, istri Kadir saat dikonfirmasi mengatakan, keluarganya sudah tinggal di rumah itu sejak 20 tahun yang lalu, dengan kondisi yang memprihatinkan. Dari penghasilan yang didapat oleh suaminya yang bekerja mengambil upah mencari bambu, hanya cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari.

"Bapak kerjanya masih serabutan. Karena upah mencari bambu jarang, kadang-kadang bapak juga ikut membongkar kayu. Bapak juga pernah ditipu orang. Orang itu minta carikan bambu dengan harga yang telah disepakati, tapi sampai sekarang uangnya tidak pernah diberikan kepada bapak. Karena bapak tidak mau ribut, jadi kami ikhlaskan saja,” beber Suyati saat dikonfirmasi metrojambi.com, Kamis (7/12/2017).

Namun, ibu dari 5 orang anak ini sangat bersyukur dan senang karena telah mendapatkan bantuan serta perhatian dari Kapolsek Muarasabak Barat untuk memperbaiki rumahnya. Dengan adanya bantuan tersebut, kata Suyarti, keluarganya tidak lagi kedinginan saat hujan turun, karena atap banyak yang bocor.

Saat ini saja, untuk menghindari kebocoran sementara, pihak Polsek berinisiatif menutup atap rumahnya dengan terpal besar. "Kami sangat berterimakasih sekali dengan Bapak Kapolsek yang sudah peduli dengan keluarga kami. Semoga apa yang dilakukan Bapak Kapolsek ini bisa dibalas dengan setimpal oleh Allah SWT, amiinnn," ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjabtim AKBP Marinus Marantika Sitepu, melalui Kapolsek Muarasabak Barat Ipda Ika Widiatmiko, membenarkan bahwa pihaknya melakukan penggalangan dana untuk perbaikan rumah keluarga ibu Suyarti yang kondisinya tak layak huni. Inisiatif berawal dari informasi dari Babinkamtibmas, yang katanya ada rumah warga di RT 05 Kelurahan Nibung Putih yang tempat tinggalnya jauh dari kata layak.

“Kemudian kita langsung turun untuk melihat kondisi rumah tersebut. Dan kami pun bersepakat untuk menggalang dana untuk perbaikan rumah ibu Suyarti,” terangnya.

Dari hasil penggalangan dana, jumlah total yang didapat sekitar Rp 30 juta, yaitu sumbangan dari anggota Polsek Muarasabak Barat, Polres Tanjabtim dan bantuan dana dari komunitas Club Mobil Pajero, yakni Sumatera Pajero Society Chapter Siginjai Jambi.

“Jadi dari dana tersebut akan diperuntukkan untuk upah tukang dan pembelian bahan meterial. Dari sumbangan ini, beliau-beliau mengamanhkan kepada kami, demi suksesnya program bedah rumah," tukasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments