Jumat, 19 Januari 2018

Lima Keuntungan Kapasitas RAM 1 TB


Senin, 18 Desember 2017 | 15:00:34 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KAPASITAS Random Access Memory atau RAM yang besar menjadi kebutuhan paling penting bagi pengguna komputer saat ini. Terlebih lagi bagi kamu yang gemar bermain game. Saat ini, kapasitas RAM hanya mencapai 32 GB untuk versi komputer lama dan yang terbaru menyentuh di angka 64 GB.

Penggunaan aplikasi di komputer memang tidak begitu membutuhkan banyak RAM. Namun, seandainya kamu memiliki RAM dengan besar 1 TB, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan dengannya. Yuk simak ulasan Jaka berikut ini.

1. Membuka Ribuan Tabs

Kamu suka membuka sampai puluhan tab di Chrome, lalu malah jadi lemot bahkan nge-lag? Hal ini disebabkan karena Chrome dan browser lainnya menyimpan banyak memori untuk membuka laman situs yang bermuatan video, audio, dokumen, dan beragam format lainnya. Selain itu, mesin penerjemah yang terpasang di browser berfungsi untuk menerjemahkan bahasa mesin, seperti javascript dan sejenisnya yang lumayan memakan memori cukup besar.

Saat membandingkan Firefox dan Chrome, ditemukan bahwa membuka 15 tabs memakan RAM sebesar 520 MB di Firefox dan 750 MB di Chrome. Ini baru situs yang sederhana. Kebayang gak kalau membuka situs game atau media sosial? Tentu diperlukan memori yang lebih besar lagi. Lantas bagaimana bila memiliki RAM sebesar 1 TB? Tentu saja kamu udah gak perlu khawatir lagi membuka puluhan, bahkan ribuan tab sekaligus. Seru banget, kan?

2. Streaming Ratusan Video

Suka nonton film di Netflix atau streaming musik video di YouTube? Tentu kamu tahu sebelum video dapat dinikmati, browser membutuhkan beberapa waktu untuk mentransfer data, baru deh video dapat kamu tonton.

Nah, data yang ditransfer ini atau dikenal dengan istilah buffering akan tersimpan sementara di RAM virtual; bagian dari hard drive komputer yang digunakan sebagai ruang penyimpanan saat kapasitas RAM fisik telah penuh. Umumnya, proses ini pemindahan data dari RAM fisik ke virtual akan membuat komputer menjadi lambat. Namun, dengan RAM 1 TB kamu bisa streaming ratusan video tanpa ada masalah lagi.

3. Tidak Perlu Menutup Game
Proses memuat semua jenis data dari hard drive ke dalam RAM adalah alasan mengapa butuh beberapa detik atau menit ketika membuka sebuah game di komputer. Namun dengan RAM 1 TB, kamu bisa membuka beberapa game sekaligus di komputer, bahkan tidak perlu menutup permainan ketika hendak istirahat dari bermain.

4. Menggunakan Beberapa Sistem Operasi Bersamaan

Kamu pengguna Mac dan menjalankan sistem OS dan Windows secara bersamaan atau sebaliknya? Tentu sudah paham betul betapa banyak memori yang digunakan untuk menjalankan kedua sistem operasi secara bersamaan. Bahkan gak jarang menimbulkan overheating di komputer.

Hal ini disebabkan kapasitas RAM yang membuat sistem operasi itu tidak bekerja secara maksimal. Beda cerita bila kamu memiliki komputer dengan 1 TB RAM. Kamu dapat menjalankan beragam sistem operasi seperti OS, Windows, dan Linux bersamaan tanpa perlu khawatir lemot dan eror.

5. Dijadikan RAM Disk

Mengubah RAM menjadi disk atau drive sebenarnya sangat gampang, tetapi tidak banyak pengguna memodifikasi RAM karena kapasitasnya juga yang tidak terlalu besar. Nah, bila kita memiliki 1 TB RAM tentu saja dapat membagi memori tersebut untuk dijadikan ruang penyimpanan data virtual di komputer.

Supernya lagi nih, ternyata RAM yang diubah menjadi drive akan memiliki kecepatan transfer data hingga puluhan kali lipat daripada hard drive biasanya bahkan SSD sekalipun. Sekadar informasi, SSD memiliki kecepatan transfer sampai 500 MBps sementara RAM dapat mencapai 6,4 GBps.

Kapan RAM 1TB Tersedia?

Menjawab pertanyaan ini cukup sulit karena sebenarnya akan membutuhkan waktu lama untuk mengembangkan teknologi RAM yang saat ini paling besar hanya mencapai 64 GB.

Namun bila menilik ke belakang, penyimpanan data memori hard drive paling besar adalah 128 GB yang kini berkembang hingga 24 TB! Pertumbuhan yang fantastis inilah yang menjadi keyakinan besar bahwa beberapa tahun ke depan bisa jadi setiap RAM di komputer kita akan bermuatan hingga 1 TB! Kita Tunggu saja ya!


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: jalantikus

TAGS:


comments