Senin, 23 Juli 2018

Heboh Kabar Tuyul Berkeliaran di Kerinci, Uang Warga Banyak Hilang


Rabu, 10 Januari 2018 | 19:50:41 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

KERINCI - Beberapa hari ini warga Semurup, Kecamatan Air Hangat dan Kecamatan Air Hangat Barat, Kabupaten Kerinci dihebohkan banyaknya uang yang hilang dalam celengan. Kejadian ini banyak diposting  di media sosial oleh masyarakat yang kehilangan uang.

Bahkan beberapa masyarakat mengaitkan kejadian ini disebabkan oleh tuyul, makhluk astral yang saat ini belum diketahui kebenaran ceritanya. Dugaan ini didasari pengakuan beberapa orang yang uangnya hilang didalam celengannya, bahwa uang hilang pecahan 50 ribu dan 100 ribu.

Selain itu kondisi celengan sama sekali tidak mengalami kerusakan dan kejadian ini tidak terjadi pada celengan tanah liat, namun juga terjadi pada celengan kaleng yang dimiliki oleh masyarakat.

Seperti postingan Iha Ilza, warga Desa Kecil Semurup mengatakan bahwa antara percaya dan tidak, karena isi tabung anaknya tercurah. Iyo, isi tabung ananda Khailan Helanda ikut tercurah," tulisnya.

Hal senada juga dituliskan Via Nunel di akun Facebook. Dia mengatakan, isi celengannya yang diperkirakan berisi tiga juta dengan lembaran uang kertas seratus ribu dan lima puluh ribu juga hilang dijarah tuyul misterius.

Sementara itu, Rizka Diana salah seorang warga Dusun Baru membenarkan adanya kehilangan uang di dalam celengan warga di desanya, terutama yang berada di lorong desanya tersebut. Bahkan, salah seorang warganya kehilangan sampai Rp 1 Juta di celengan miliknya.

"Pertamanya hanya seorang yang tahu, terus diceritakan ke warga lainnya. Pas warga lainnya mengecek celengan dirumahnya, ternyata uangnya juga hilang," ungkapnya.

Dikatakannya, kehilangan uang celengan milik warga tersebut, sangat berpengaruh bahkan membuat trauma warga terutama para orang tua di Desa Dusun Baru, yang selama ini menabung untuk kebutuhan sekaligus mengajarkan kepadanya anaknya untuk menabung.

"Warga sudah melapor ke kades namun tidak ada tanggapan, kini warga sudah tidak mau lagi menabung di celengan yang berbentuk boneka lagi," terangnya.

Tidak hanya di Dusun Baru Semurup saja, kehilangan uang di dalam celengan juga terjadi di desa Air Panas, yang berada di dekat Objek Wisata Air Panas Semurup. Beberapa warga juga mengaku kehilangan uang didalam celengan miliknya.

"Ya, salah seorang warga desa kami juga kehilangan uang di celengannya. Mau lapor kemana uangnya hilang tidak jelas, celengannya sama sekali tidak rusak," sebut Mebi, salah seorang warga Desa Air Panas.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments