Kamis, 21 Juni 2018


Proposal Arab Saudi Ditolak

Arab Saudi Tawarkan Abu Dis sebagai Ibu Kota Palestina

Jumat, 29 Desember 2017 | 14:06:12 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

ARAB SAUDI mengeluarkan sebuah proposal untuk memprakarsai perdamaian antara Israel dan Palestina, dengan menawarkan desa Abu Dis sebagai ibu kota masa depan Palestina. Namun usulan itu menimbulkan kemarahan yang meluas.

Usulan ini mendapat tanggapan dari berbagai aktivis yang merilis sebuah tagar baru bertuliskan "Yerusalem adalah ibu kota kami" sebagai respons atas proposal Saudi tersebut, dikutip dari viva.co.id (29/12).

Menurut laporan New York Times, sebagaimana dilansir Middle East Monitor, disebutkan bahwa Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman membuat proposal tersebut selama kunjungan Presiden Palestina Mahmoud Abbas ke Riyadh, bulan lalu.

Menurut usulan tersebut, warga Palestina akan mendapatkan sebuah wilayah yang tidak berdampingan di Tepi Barat dan Jalur Gaza, di mana mereka hanya memiliki kedaulatan parsial sementara mayoritas pemukiman Israel di Tepi Barat akan tetap ada. Proposal tersebut tidak memberikan pengungsi Palestina dan keturunan mereka yang tinggal di negara lain, hak untuk kembali ke Israel.

Sementara itu dikabarkan Arab Saudi memberikan waktu dua bulan kepada Presiden Abbas, untuk menanggapi tawaran tersebut.

Abu Dis adalah kota Palestina di dekat Yerusalem Timur yang diduduki. Menurut Perjanjian Oslo, wilayah itu diklasifikasikan sebagai Area B yang dikelola oleh Israel dan Otoritas Palestina.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: viva.co.id

TAGS:


comments