Minggu, 21 Januari 2018

Lihat Nih, Kerinci Kini Punya Objek Wisata Memacu Adrenalin


Jumat, 12 Januari 2018 | 10:08:58 WIB


Salah satu lokasi arung jeram di Kabupaten Kerinci
Salah satu lokasi arung jeram di Kabupaten Kerinci / Metrojambi.com

KERINCI - Potensi wisata di Kabupaten Kerinci terus dikembangkan. Yang terbaru, Kabupaten Kerinci kini memiliki objek wisaya pemacu adrenalin, yakni arung jeram.

Saat ini beberapa sungai di Kerinci sudah dijadikan lokasi olahraga arung jeram yakni sungai Batang Merangin dan Sungai di Tanjung Batu dan Pulau Tengah. Tiga lokasi ini dianggap paling menantang dan menarik bagi wisatawan.

Bahkan mulai banyak jasa yang menawarkan paket rafting di Kerinci. Seorang wisatawan lokal, Roli mengatakan, sudah mencoba arung jeram di Pulau Tengah dan Tanjung Batu. Dia mengatakan, sensasinya sangat menantang dan menghibur.

"Iya kami sudah coba satu paket rafting keluarga berlokasi Tanjung Batu dan Pulau Tengah. Sungainya jernih, menantang dan menyenangkan," kata Roli kepada metrojambi.com, Jumat (12/1/2018).

Selain itu, para wisatawan juga meminta kepada pengelola Mr Imat River Rafting untuk menyediakan paket arung jeram di Sungai Batang Merangin. "Arung Jeram di Sungai Batang Merangin tampaknya tracknya lebih extreme lagi, dari Sungai Tanjung Batu dan Pulau Tengah," sebutnya.

Ghina, salah seorang pengelola Mr Imat River Rafting mengatakan, bahwa pihaknya menawarkan berbagai macam paket diantaranya paket keluarga, paket exrime, two day one night (camp and rafting). Dengan panjang track 13 kilometer dan durasi ngayung sekitar 3 jam.

"Arung jeram Sungai Batang Merangin ini telah dibuka bagi wisatawan yakni pada hari Sabtu dan Minggu, tentunya ini sangat seru dan menguji adrenalin bersama kami," katanya.

Sementara itu, Ketua Federasi Arum Jeram (Faji) Kota Sungaipenuh, Josse Chua mengatakan, Kabupaten Kerinci merupakan daerah dataran tinggi di Provinsi Jambi, jadi aliran sungainya rata-rata berarus deras, sehingga sangat berpotensi sebagai tempat pengembangan olahraga arum jeram.

Dikatakannya lagi, dari hasil survei Faji Sungaipenuh, ada beberapa sungai yang potensial untuk olahraga arum jeram diantaranya di wilayah Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, dan wilayah Pulau Sangkar, Kecamatan Batang Merangin.

“Sungai di wilayah ini ternyata lebih menantang, dibandingkan dengan sungai yang ada di Kabupaten Merangin,” katanya.

Ditambahkannya, area arum jerang yang terbilang menantang adalah Sungai di Pulau Tengah yang mempunyai grade sungai 1-2. Sedangkan di Pulau Sangkar sampai ke Lubuk Paku, mempunyai grade 3-4.

"Ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata minat khusus. Selain sungainya yang masih sangat asri, pemandangan alam di sepanjang arus juga indah,” bebernya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments