Minggu, 21 Januari 2018

Siapa Plt Bupati/Walikota Tak Lama Lagi Bakal Diketahui


Jumat, 12 Januari 2018 | 20:59:58 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Tak lama lagi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mencalonkan diri di Pilkada Kota Jambi, Kerinci, dan Merangin, akan cuti dari tugasnya untuk sementara waktu. Lantas, siapa yang bakal menjadi Pelaksana Tugas (Plt) walikota/bupati itu?

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi, Rahmat Hidayat, mengatakan bahwa saat ini tim Baperjakat tengah melakukan kajian. Tim mencari siapa saja  pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang akan ditugaskan sebagai Plt di 3 kabupaten/kota itu.

"Secara pasti nama-nama yang diusulkan belum ada. Kita menunggu rekomendasi Baperjakat," kata Rahmat, Jumat (12/1/2018).

Yang jelas, menurut dia, nantinya ada pejabat eselon II yang akan ditempatkan sebagai Plt. Dengan catatan pejabat itu mampu. "Intinya, saat ini tengah dilakukan persiapan," katanya.

Sementara itu Kepala BKD Provinsi Jambi, Husairi, menjelaskan bahwa biro pemerintahan juga berkoordinasi dengan BKD terkait permintaan data tentang kepegawaian calon yang akan menjabat sebagai pejabat sementara.

"BKD domainnya hanya memberi informasi dan data kepegawaian kepada biro pemerintahan. Namun untuk tahapan selanjutnya ada pada biro pemerintahan," ungkapnya.

Terpisah, Saat dikonfirmasi Gubernur Jambi, Zumi Zola, juga membenarkan bahwa saat ini Pemprov Jambi belum menentukan siapa saja yang akan mengisi jabatan di daerah yang tengah melakukan Pilkada.  

"Dalam waktu dekat akan kami putuskan dan mereka akan menjabat sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Zola.

Saat ini, diakui Zola, Pemprov Jambi tengah melakukan pengkajian terhadap pejabat yang akan ditunjuk untuk mejadi pejabat sementara di daerah yang sedang melangsungkan Pilkada. "Saat ini masih kami kaji," tandasnya.


Penulis: Sharly
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments