Minggu, 18 Februari 2018

Penumpang Pesawat Naik 7 persen


Rabu, 24 Januari 2018 | 15:16:57 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok/metrojambi

JAMBI - Musim liburan tahun 2017 menyebabkan kenaikan pada beberapa angkutan darat maupun udara di Jambi. Salah satunya adalah peningkatan penumpang di bandara Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi.

Selama musim liburan lalu, terjadi peningkatan sekitar 7 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini kebanyakan penumpang pesawat dari Jakarta-Jambi, Jambi-Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan Yogi Prastyo Suwandi, Executive General Manager Bandara STS Jambi. Yogi menyebutkan, peningkatan terjadi secara umum dari segi penumpang.

“Tahun sebelumnya(2016, red) jumlah penumpang mencapai 1,6 juta, sedangkan pada tahun 2017, jumlah penumpang naik menjadi 1,7 juta penumpang,” jelasnya.

Sedangkan untuk airport movement juga mengalami kenaikan signifikan yaitu sekitar 21 persen. “Peningkatan pesawat lebih tinggi dibanding penumpang, karena kita di Jambi karakternya lebih banyak, salah satunya pesawat carter jadi movementnya banyak, tapi pertumbuhannya sedikit,” imbuhnya.

Pada saat liburan lalu, juga ada penambahan pesawat, tetapi bukan pesawat berbadan lebar tetapi pesawat kecil seperti ATR.

Menurutnya, kenaikan jumlah penumpang ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena pertumbuhan ekonomi di Jambi yang kian membaik.

“Biasanya indikator dari pertumbuhan ekonomi, dan di Jambi pertumbuhan ekonomi cukup tinggi dibanding provinsi lain. Peningkatan penumpangnya cukup lumayan. Salah satu penumpang banyak orang bisnis,” paparnya.

Kenaikan penumpang pesawat ini sangat berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi yang ada di Jambi. Setiap harinya, jumlah penumpang bisa mencapai 4.500-5000. “Biasanya satu hari mencapai 4.500-5.000, itu udah keberangkatan dan kepulangan,” kata Yogi. (shr)


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments