Senin, 25 Juni 2018


Sebelum 28 Februari, Jangan Lupa Registrasi Ulang Kartu Ponsel


Selasa, 30 Januari 2018 | 11:54:47 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI –Dengan adanya Peraturan Menteri (Permen) Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi yang terakhir telah diubah dengan Permen Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 maka Kemkominfo akan memberlakukan registrasi nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) mulai 31 Oktober hingga 28 Februari mendatang.

Tujuan peraturan baru ini untuk mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan, terutama pelanggan prabayar, dan juga untuk kepentingan national single identity yang dicanangkan.

Menanggapi hal ini kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Jambi, Nurachmat Herlambang, mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna kartu pra bayar agar segera melakukan registrasi.

Selain itu, Nurachmat juga mengatakan pihaknya menggandeng Telkom untuk terus mensosialisasikan registrasi kartu telpon seluler (ponsel) baik pada masyarakat maupun kepada organisasi perangkat daerah.

"Kominfo Provinsi Jambi telah melakukan sosialisasi registrasi ulang kartu telepon seluler kepada setiap OPD i lingkup Pemprov Jambi dan masyarakat," jelasnya.

Selain melakukan sosialisasi, diungkapkan Rahmat, bahwa dinas Kominfo selalu mengirimkan pesan kepada masyarakat untuk melakukan registrasi ulang demi kelancaran konsumen.

Ia menegaskan jika tidak melakukan registrasi ulang  hingga tanggal 28 Februari mendatang, maka pengguna tidak dapat melakukan panggilan keluar ataupun pengiriman SMS karena kartu diblokir.

Registrasi ini, kata dia, sangat wajib dilakukan guna melindungi pengguna dari penipuan melalui SMS, membatasi berita hoax dan lainnya.

Terkait simpang siur informasi wajib registrasi, dia meyakinkan registrasi bukan hoax, karena semata-mata demi melindungi konsumen.

“Tujuannya melindungi konsumen agar terlindungi dari orang-orang tidak bertanggung jawab sehingga kita tidak akan mendengar lagi papa minta pulsa atau penipuan karena nomornya sudah teregistrasi semua,” terangnya.

Cara registrasi kartu perdana dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#.

Ditambahkan Rahmat, ke depan jika ada pihak tidak bertanggung jawab melakukan penipuan maka akan segera diketahui pelakunya.

“Kalau sudah teregistrasi ini tidak lagi terjadi sehingga kalau mau main-main atau berbuat tidak baik maka nomornya diketahui,” ucapnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments