Sabtu, 24 Februari 2018

SMP 24 Mulai Rintis Sekolah Adiwiyata


Rabu, 07 Februari 2018 | 10:39:27 WIB


Kepala SMP Negeri 24, Boy Surau memperlihatkan lingkungan sekolah yang sudah mulai asri
Kepala SMP Negeri 24, Boy Surau memperlihatkan lingkungan sekolah yang sudah mulai asri / Jainal Abidin

JAMBI- SMP Negeri 24 Kota Jambi mulai menata sarana dan prasarana seperti tata ruang dan penghijauan lingkungan sekolah untuk mempersiapkan diri tahun depan mengikuti Sekolah Adiwiyata, yang selama ini belum pernah diikuti.

Kepala SMP Negeri 24, Boy Surau mengatakan, saat ini pihaknya mulai merintis sekolah adiwiyata, dengan melakukan penataan dan penanaman tanaman yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekolah, sehingga tahun depan dapat mengikuti lomba sekolah adiwiyata.

" Kita tanam bunga, buahan, dan beberapa tanaman obat dan kebutuhan bumbu masak," ungkapnya. Menurut dia, kegiatan ini mendapat dukungan dari warga sekolah baik siswa, orangtua, dan guru serta bertanggung jawab program yang telah dilakukan untuk memeliharanya.

"Jadi tanaman dibawa siswa mereka tanam, mereka yang bertanggung jawab untuk merawat didampingi guru," katanya.

Ia menyebutkan, selama ini penataan lingkungan sekolah kurang terawat dengan baik, sehingga sekolah tampak gersang dan ditumbuhi tanaman liar, dan tidak sedap dipandang mata.

" Ditambah lagi bentuk tanah di sini berdaki- daki miting, segingga harus ditatap dengan benar supaya indah dan asri," imbuhnya. Kemudian pemanfaatan barang bekas juga selama ini kurang jadi perhatian sekolah, sehingga plastik- plastik hanya dibuang atau dibakar tanpa dimanfaatkan dengan baik, seperti botol bekas mineral, tempurung kelapa, bekas tempat cat.

" Sekarang kita manfaatkan, bahkan untuk mempercantik kita lukis berbagai gambar dan karakter," jelasnya. Selain itu, sebut Boy, taman tanaman induk juga disediakan sekolah, dan dipusatkan di sekitar perpustakaan dan ruang Komputer sekolah, sehingga nantinya tanaman tersebut bisa menjadi pembibitan untuk ditanam dilingkungan sekolah lainnya. " Tanaman induk ini yang mengelola penjaga sekolah," ucapnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments