Senin, 21 Mei 2018


Akun Medsos Abal-Abal Marak di Kerinci, Saling Jatuhkan Calon Bupati


Jumat, 09 Februari 2018 | 17:20:19 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Dok

KERINCI -Tidak beberapa bulan lagi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kerinci akan dilakukan. Namun saat ini, sejumlah oknum yang menggunakan akun facebook dengan nama samaran atau nama abal- abal serta berkomentar tak sepantasnya mulai menjamur.

Pantauan di Media Sosial (Medsos) Facebook, sejumlah akun abal-abal secara aktif mengikuti perkembangan status yang menyinggung Pilkada. Ironisnya, meski berita yang diunggah sejumlah media adalah tentang pembangunan atau peristiwa yang terjadi terkini, namun tetap menjadi bahan plesetan oleh oknum ini untuk menjatuhkan pihak lain.

Bukan hanya sebatas itu saja, bahkan sejumlah akun abal-abal tersebut ada yang sengaja untuk memecah belah dan mengadu domba.

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti SH LLM, dikonfirmasi harian ini di Polres Kerinci mengatakan bahwa saat ini Polri sudah mempunyai cyber crime, cyber patroli, pos gakumdu, dan operasional pengamanan Pilkada.

Nantinya, sambung Poengky, tim tersebutlah yang akan mengantisipasi dan memantau maraknya akun abal-abal yang muncul di Facebook. "Ini Sudah dalam radar Polri, jadi tidak usah khawatir," ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat, dengan banyaknya akun abal-abal yang muncul saat ini, jangan mudah terpancing dengan status dan komentar yang sengaja untuk memecah belah dan mengadu domba antar pasangan calon. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat jangan buat kelompok yang terpecah belah, jangan sampai masyarakat terpancing, bersikap dewasa, kita menunjukkan Jambi bisa melaksanakan Pilkada damai," ungkapnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments