Selasa, 22 Mei 2018


UNBK 102 SMP/ MTS di Kota Jambi, 81 Mandiri dan 21 Menumpang


Jumat, 09 Februari 2018 | 23:02:09 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Sebanyak 102 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Kota Jambi tahun 2018 ini bakal mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan 23 hingga 26 April  mendatang.

"Dari 102 sekolah, 81 sekolah melaksanakan mandiri dan 21 menumpang di sekolah lain," Kata Kabid Pembinaan SMP Disdik Kota Jambi, Ariyanto, Jumat (9/2/2018).

Terkait sarana dan prasarana UNBK yang nantinya digunakan, ia menambahkan, sekolah diberikan bantuan, baik berupa server dan komputer sebanyak 1146 unit yang akan disebar di SMP negeri di Kota Jambi.

"Servernya sudah diterima sekolah, komputernya akhir bulan ini atau awal Maret nanti akan diberikan ke sekolah," sebutnya.

Selanjutnya, pihaknya juga melalui Pemerintah kota akan melakukan koordinasi dengan pihak PLN dan Telkom, dalam mendukung pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat nantinya. "PLN jangan sampai padam, atau jaringan Internet ngadat atau lemot," paparnya.

Bahkan dia menilai dari laporan yang ia peroleh, pelaksanaan simulasi UNBK tahap 2 yang digelar 27 hingga 28 Februari mendatang sekolah yang menyelenggarakan UNBK bakal melaksanakan.

"Karena telah didukung prasarana, berbeda dengan simulasi pertama kemarin, sekolah masih banyak yang belum melaksanakan karena sedang menyiapkan prasarana UNBK," ungkap Ariyanto.

Selain itu tenaga proktor dan teknisi yang mendampingi sekolah selama pelaksanaan UNBK telah disiapkan, dengan diberikan sosialisasi dan pengarahan dalam menangani permasalahan selama pelaksanaan UNBK berlangsung. "Baik secara prasarana atau teknis dilapangan," sebutnya.

Selanjutnya ia berharap pelaksanaan Ujian Nasional (UN), baik USBN maupun UNBK nantinya berjalan lancar tanpa mengalami kendala, sehingga siswa dapat mengikuti tanpa mengalami gangguan." Dan mendapat hasil yang memuaskan," katanya.


Penulis: Zainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments