Selasa, 22 Mei 2018


Ikuti Simulasi UNBK, KBM SMA Xaverius I Tetap Berjalan


Sabtu, 10 Februari 2018 | 11:01:37 WIB


Simulasi UNBK di SMA Xaverius I Kota Jambi
Simulasi UNBK di SMA Xaverius I Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI- Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahap 2 tingkat SMA yang serentak dilaksanakan berlangsung selama 2 hari, 7 sampai 8 Februari telah berakhir. Begitu halnya SMA Xaverius I Kota Jambi yang juga ikut melaksanakan bagi siswa- siswinya yang akan mengikuti UNBK April mendatang.

Kepala SMA Xaverius I, Agus Tri Nugroho mengatakan, selama pelaksanaan simulasi UNBK, siswa Kelas XII yang mengikutinya tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sehingga mata pelajarannya tidak terganggu atapun tertinggal.

"Simulasinya kan dibagi beberapa sesi dan siswa bergantian mengikutinya, jadi mereka belajar di kelas ada yang setelah atau sebelum mengikuti simulasi UNBK," katanya, Kamis (8/2) lalu.

Dia menilai hal ini dilakukan sekolah agar siswa tetap mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya."Meskipun mereka sedang melaksanakan simulasi menghadapi ujian nasional mendatang," tambahnya.

Menurut Agus lagi, pihaknya tidak ingin siswanya tertinggal materi pelajaran, sehingga nantinya dapat menghambat dan mengganggu ketika mengikuti ujian nasional. Ini lantaran masih ada pelajaran yang tidak dipahami karena belum dipelajari dan disampaikan oleh guru mata pelajaran.

Terkait pelaksanaan simulasi, Agus menyebutkan, pelaksanaan berjalan lancar tanpa mengalami kendala atau hambatan yang menganggu siswa- siswinya, baik secara jaringan maupun siswa yang mengikuti.

"Dari hari pertama sampai hari kedua, pelaksanaan simulasi aman dan berjalan lancar," terangnya.

Pihaknya menyiapkan 112 unit PC dan Laptop dari pinjaman SMP Xaverius I, dan 50 unit yang dimiliki sekolah, dan selebihnya sebanyak 21unit pinjaman dari orangtua siswa untuk 321 peserta ujian yang mengikuti UNBK."Kita bagi 3 sesi pelaksanaan di 3 ruangan," paparnya.

Selain itu siswanya juga telah disiapkan sajak jauh hari untuk menyelesaikan soal essay, karena di dalam petunjuk ujian tidak disebutkan dan ini pertama kalinya dilaksanakan.

"Sehingga ketika menjawab soal essay, siswa bisa mengerjakan dengan baik," pungkasnya.

Sementara itu, Steven siswa Kelas XII IPA 1 yang mengikuti simulasi UNBK mengatakan, selama mengikuti simulasi dirinya sempat mengalami kendala, meskipun kendala tersebut tidak menganggu pelaksanaan ujian. "Sempat jaringan internatnya ngadat sebentar, tapi setelah itu lancar lagi bang," sebutnya.
Selain itu kendala lainnya ketika dirinya akan menginput jawaban soal yang ada di Komputer, sempat mengalami kesulitan karena lemot atau gangguan jaringan Internet.

Terkait adanya soal essay, dia mengaku tidak merasa terganggu atau kesulitan mengerjakannya. "Karena sebelumnya kita telah diinformasikan dan disiapkan sekolah, kalau ujian nasional tahun ini terdapat soal essay selain pilihan ganda. "Jawaban essaynya terstruktur, jadi tidak sembarangan menjawab atau melebar panjang lebar," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments