Minggu, 18 Februari 2018

Kepala OPD Jangan Takut Gunakan Anggaran


Senin, 12 Februari 2018 | 23:03:52 WIB


Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar, saat menerima kedatangan auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi, Senin (12/2/2018)
Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar, saat menerima kedatangan auditor BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi, Senin (12/2/2018) / Humas Pemprov Jambi

JAMBI - Beberapa orang auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jambi, Senin (12/2), mendatangi kantor Gubernur Jambi. Para auditor tersebut bertemu dengan Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, beserta beberapa kepala OPD di lingkup Pemprov Jambi. Pertemuan dilakukan di ruang rapat lantai II kantor Gubernur Jambi.

Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar, seusai pertemuan mengatakan, kedatangan auditor BPK merupakan agenda rutin setiap tahun. Pemprov Jambi dan BPK RI Jambi bertemu untuk membahas pemeriksaan yang berkaitan dengan APBD Provinsi Jambi.

"Biasanya memang setiap bulan Februari ada pertemuan ini. Membahas terkait dengan pemeriksaan, penggunaan APBD dan beberapa hal lainnya," katanya.

Wagub mengatakan, selama ini hasil pemeriksaan BPK RI terhadap keuangan Pemprov Jambi sudah bagus. Ini dibuktikan dengan diterimanya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berturut-turut sejak beberapa tahun belakangan ini.

"Tahun ini mudah-mudahan lebih meningkat, karena sebelumnya sudah bagus," ujarnya.

Dia berpesan kepada para kepala OPD di lingkup Pemprov Jambi,  untuk tidak takut menggunakan anggaran pembiayaan kegiatan. Kepala OPD saat ini banyak yang baru bertugas di Pemprov Jambi, namun tidak menjadi alasan untuk takut melaksanakan kegiatan yang menggunakan anggaran.

"Saya kasih tahu terus supaya belajar. Kalau ada yang tidak tahu, bisa bertanya kepada yang lebih tahu," katanya.

Sementara itu Dedi Efendi, auditor BPK RI Jambi mengatakan, kedatangan mereka memang rutin. Tahun-tahun sebelumnya menurutnya BPK RI Jambi juga mendatangi Pemprov Jambi. Namun ketika ditanyakan mengenai catatan-catatan untuk Pemprov Jambi,  Dedi mengatakan bukan kapasitasnya untuk menjawab.

"Prosedur pemeriksaan nanti juga merupakan kewenangan dari BPK. Bisa saja dengan cara datang langsung ke setiap OPD di Pemprov Jambi," pungkasnya.


Penulis: Sharly
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments