Sabtu, 24 Februari 2018

Persiapan UNBK SMP CNS Jambi Baru 80 Persen


Selasa, 13 Februari 2018 | 14:24:45 WIB


Suasana belajar siswa SMP CNS Kota Jambi jelang ujian nasional
Suasana belajar siswa SMP CNS Kota Jambi jelang ujian nasional / Jainal Abidin

JAMBI- Jelang pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP yang bakal digelar 23 hingga 26 April mendatang, sejumlah sekolah di Kota Jambi tengah mempersiapkan diri menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Termasuk SMP Citra Nusantara School (CNS) Jambi, sebanyak 7 orang siswanya Kelas IX yang akan mengikuti.

Dikatakan Kepala SMP CNS Jambi, Imung Ramadhoni, pihaknya dalam mempersiapkan jelang menghadapi UNBK mendatang baru mencapai 80 persen. Baik persiapan sarana dan prasarana yang nantinya digunakan UNBK, maupun kesiapan dari siswanya itu sendiri.
"Kalau komputer, server, dan teknisi maupun proktor sudah tidak ada masalah, Kita sudah siap," katanya.

Menurutnya, hingga saat ini masih menunggu sinkronisasi tahapan pelaksanaan simulasi UNBK, memantapkan siswa dalam pengoperasian Komputer dalam menyelesaikan soal ujian nasional.

"Data siswa sudah selesai dikirim ke pusat untuk data peserta ujian, hanya menunggu nama- nama yang terdata sebagai peserta. Dan jadwal.simulasi UNBK yang serentak digelar 17 Februari nanti," sebutnya.

Setelah pelaksanaan simulasi dilaksanakan, pihaknya langsung melaksanakan ujian Try Out (TO) untuk melihat kemampuan siswanya dalam memahami mata pelajaran yang telah diberikan dan melatih kemampuan dalam mengerjakan soal ujian nasional. " Soal TO berdasarkan ujian tahun lalu, ditambah kisi- kisi dan pelajaran sebelumnya," paparnya.

Dengan dilaksanakan TO, jelas Imung, pihaknya dapat mengukur batas kemampuan siswa dalam menguasai materi, dan mendorong nilai siswa nantinya meningkat.

" Belajar sebelumnya, nilai siswa sempat turun karena persiapan kurang maksimal, sehingga sekarang benar- benar disiapkan secara matang," imbuhnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan UNBK di SMP CNS Jambi diselenggarakan mandiri dan tidak menginduk ke sekolah lain karena telah terakreditasi oleh Badan Akteditasi Nasional (BAN) Provinsi Jambi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments