Rabu, 20 Juni 2018


Peningkatan Kualitas Pendidikan, Pelajar SMK Bakal Magang ke Luar Negeri


Selasa, 13 Februari 2018 | 15:14:43 WIB


Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK Disdik Provinsi Jambi, Drs. H. Harizal. MM
Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK Disdik Provinsi Jambi, Drs. H. Harizal. MM / Jainal Abidin

JAMBI- Upaya Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi dalam peningkatan mutu pendidikan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) peserta didik di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Jambi terus digalakkan. Salah satunya akan merencanakan siswa magang di luar negeri.

Hal ini bertujuan agar pelajar SMK mendapatkan pengalaman di dunia usaha, industri, dan menambah wawasan serta pengalaman selama mengikuti kegiatan magang tersebut. Ini dibenarkan Kapala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK Disdik Provinsi Jambi, Harizal.

" Supaya siswa lebih mendapatkan pengalaman magang, ketika diterjunkan ke luar negeri," paparnya.

Selain itu menurut Kabid yang belum lama ini dilantik mengantikan posisi Sofyan menuturkan, tantangan ketika mengikuti magang di luar negeri jauh lebih berat ketika mengikuti magang di wilayah sendiri atau di wilayah lain. Hal ini karena pola dan sistem perusahaan tersebut dalam penerapan dan peningkatan kemajuan perusahaannya.

"Apalagi negara- negara yang maju, yang sudah mengunakan teknologi canggih, siswa kita belajar dengan perusahaan tersebut," katanya.Hanya saja menurut Harizal, pelaksanaan ini belum bisa dilakukan saat ini, karena dinas harus melakukan koordinasi dengan pihak sekolah yang nantinya mengirimkan peserta didiknya dari semua program keahlian untuk mengikuti magang di luar negeri.

"Pembekalan keahlian siswa harus sisiapkan secara matang, sebagai dasar kemampuan sesuai keahliannya," sebutnya. Selain itu pihaknya saat ini juga terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan pihak perusahaan atau swasta melalui Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) terkait program kejuruan di SMK.

"Terutama DUDI yang ada di Provinsi Jambi dan luar Jambi," ungkapnya. Selain itu program Kabid SMK saat ini melanjutkan progran Kabid sebelumnya yang fokus menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang bakal digelar 2 April mendatang. " Kita pastikan kesiapan sekolah dalam menyelenggarakan," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments