Kamis, 24 Mei 2018


Bupati Sarolangun: 5.400 Hektare Lahan Bantuan untuk SAD Tak Tepat


Selasa, 13 Februari 2018 | 23:35:32 WIB


Bupati Sarolangun Cek Endra
Bupati Sarolangun Cek Endra / dok.metrojambi.com

SAROLANGUN - Informasi yang tersiar saat ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bakal turun lagi mengunjungi warga Suku Anak Dalam (SAD) di kawasan Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD). Hal ini untuk melihat perkembangan dan realisasi instruksi dari kunjungannya beberapa waktu lalu di Kecamatan Air Hitam, Sarolangun.

Terkait rencana kunjungan Presiden RI Joko Widodo ini, sepertinya akan dilaporkan sejumlah permasalahan di Kecamatan Air Hitam. Terutama terkait penanganan warga SAD dan juga pembangunan di kawasan terpadu. Salah satunya adalah bantuan lahan seluas 5400 hektare untuk warga SAD tersebut.

“Terkait kunjungan bapak presiden kami telah melaporkan ke pak gubernur program-proggram kita. Salah satunya kita akan menghadirkan pak presiden di kawasan terpadu,” ujar Bupati Sarolangun, Cek Endra, Selasa (13/2/2018).

Kawasan terpadu yang dimaksud, ujar Cek Endra, tempat dan pusatnya warga SAD di Air Hitam. Rencananya semua pembinaan untuk SAD terfokus di satu kawasan tersebut mulai dari pendidikan, kesehatan dan pembinaan lainnya.

“Disitulah semuanya pusat pembinaan untuk SAD baik masalah pendidikannya, kesehatan dan pembinaan lainnya,” katanya.

Kedatangan Presiden RI di Air Hitam kali ini, kata Cek Endra, juga akan dimanfaatkan untuk melaporkan persoalan sebelumnya. Ini terkait bantuan lahan seluas 5.400 hektare untuk SAD yang dinilai tidak tepat.

“Dan kita juga akan melaporkan masalah-masalah kemarin seperti pemberian lahan 5.400 hektare lahan bantuan itu tidak tepat sasaran karena lokasinya berbeda-beda,” jelasnya.

Hal ini akan diusulkan saat kunjungan Presiden Jokowi ke Air Hitam agar lahan yang didapatkan tidak berbeda-beda. “Dan kita akan usulkan kembali agar kita dapat lahan yang baru di samping juga potensi yang ada kita juga akan melaporkan sendiri masalah kita dan masalah DAS ke pak presiden,” ujarnya.

Selain persoalan itu, menurut dia, kunjungan Presiden RI ke Air Hitam kali ini berkemungkinan juga akan menyerahkan kartu PKH untuk SAD. “Dan mungkin nanti pak presiden juga akan menyerahkan kartu PKH kepada warga miskin SAD kita,” ucapnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments