Jumat, 25 Mei 2018


Koneksi Smartphonemu Lambat? Ini Penyebabnya...


Selasa, 20 Februari 2018 | 11:58:48 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SAAT ini, smartphone menjadi alat utama untuk berselancar di internet. Pengguna smartphone semakin mudah mendapat jaringan internet karena maraknya layanan wifi gratis. Semakin cepat koneksi internetnya, akan semakin banyak yang menggunakan.

Yang menjadi masalah adalah seringkali koneksi intenet di smartphone menjadi lambat. Bisa jadi itu karena letak router, masalah di wifi atau justru smartphonemu yang bermasalah. Mari kita lihat penyebab lambatnya koneksi internet di smartphone dan cara mengatasinya.

1. Letak Router yang Buruk

Penyebab umum lambatnya koneksi internet pada smartphone adalah jarak yang jauh dari letak router. Pancaran sinyal dari router semakin melemah jika kamu semakin jauh dari router. Masih ditambah juga kalau posisi router itu tidak strategis sehingga sinyalnya terhalang tembok atau pintu. Kalau lokasimu jauh dari router, bisa jadi koneksimu lambat karena itu.

Cara mengeceknya mudah yaitu perhatikan indikator sinyal di smartphonemu. Jika semakin dekat ke router, sinyalmu makin penuh, maka penyebabnya adalah letak router yang baru. Jika tidak, berarti ada penyebab lain lambatnya koneksi internetmu. Maka, pasang router di posisi yang tepat, yang sinyalnya bisa menjangkau banyak tempat dan tidak banyak penghalang.

2. Wi-Fi yang Padat Pengguna

Router memancarkan sinyal wifi dengan menggunakan channel tertentu. Bisa jadi tetanggamu juga menggunakan channel yang sama untuk routernya. Problem ini bisa timbul karena lokasi tempat tinggal yang saling berdekatan, misalnya di apartemen. Channel router yang sama membuat wifi menjadi padat penggunanya dan menjadikan koneksi menjadi lambat.

Untuk mengatasinya, kamu perlu bantuan aplikasi di smartphone atau laptop kamu. Gunakan aplikasi untuk melakukan scan pada jaringan wifi di sekitarmu. Pengguna android dapat menggunakan aplikasi Wi-Fi Analyzer di smartphonenya, sementara pengguna iPhone harus menggunakan laptop.

3. Banyak Barang Menganggu Sinyal Wi-Fi

Sinyal Wi-Fi pada frekuensi 2.4GHz bisa diganggu oleh barang-barang elektronik seperti microwave, bel rumah atau telepon tanpa kabel. Karena gangguan itu, koneksi internet menjadi lambat. Posisi router sebaiknya tidak di dekat barang-barang tadi sehingga sinyalnya tidak terganggu.

Kebanyakan router sekarang dapat digunakan pada frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz. Kamu bisa menggunakan frekuensi 5 GHz untuk mengurangi gangguan dari berbagai barang, tapi kamu harus pastikan bahwa smartphonemu juga bisa digunakan di frekuensi 5 GHz. Jika tidak, kamu tidak akan bisa terhubung ke wifi.

4. Yang Kamu Gunakan Adalah Jaringan yang Lambat

Permasalahan ini banyak terjadi di rumah maupun di public wifi. Di rumah, jaringanmu bisa menjadi lambat karena sering untuk streaming video, mengunduh game atau untuk melakukan update sistem tertentu. Kamu perlu cek kondisi jaringan karena kadangkala unduhan dan update sistem berjalan tanpa kamu sadari.

Di public wifi, masalah seperti ini lebih sering terjadi. Kamu tentu tidak bisa mengandalkan jaringan yang gratis. Wajar saja koneksimu lambat karena yang kamu gunakan jaringan tanpa bayar. Selain itu, bisa saja kamu terhubung ke jaringan yang lambat tanpa kamu sadari. Misalnya saja, kamu sedang berada di café yang jaringannya kuat, tetapi di café itu smartphonemu menangkap sinyal wifi lambat yang baru saja kamu gunakan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan pengaturan prioritas wifi di smartphone kamu. Dengan melakukan pengaturan ini, wifi yang kamu gunakan hanya itu saja, sementara yang lain hanya pendukung. Hal lain yang bisa dilakukan adalah mematikan wifi dan menggunakan paket data. Hanya harus hati-hati dengan kuotamu ya.

5. Kamu Menggunakan VPN yang Lambat

Sebaiknya kamu menggunakan VPN jika sering menggunakan public wifi. Penggunaan VPN akan membuatmu aman dari orang lain yang ingin melihat datamu. Selain itu, VPN juga bisa membantu untuk meningkatkan kecepatan koneksi.

Hanya saja kamu harus berhati-hati memilih VPN. Jika kamu salah memilih VPN yang lambat, kecepatan koneksimu justru akan berkurang. Kalau mau yang berkualitas, ya belilah paket premium untuk VPN.

6. Sinyal 4G yang Buruk

Saat sinyal wifi tidak memuaskan, kamu mungkin saja beralih ke paket data dengan harapan akan mendapatkan sinyal 4G yang lebih cepat dari wifi. Faktanya tidaklah selalu demikian. Ada banyak hal yang mempengaruhi sinyal handphonemu.

Lokasimu, cuaca dan bahkan jenis smartphonemu sangat berpengaruh pada kuat tidaknya sinyal. Bisa jadi kamu justru akan mendapatkan sinyal yang lebih rendah daripada 3G. Maka, bijaklah untuk beralih ke paket data ketika lokasi atau cuaca kurang mendukung.

7. Kecepatan Smartphonemu Bermasalah

Bisa jadi penyebab koneksi lambat adalah smartphonemu. Sinyal yang kuat, paket data mantap dan jaringan yang longgar tidak akan berguna jika smartphonemu tidak bisa bekerja dengan maksimal. Karena itu, kamu juga perlu melihat kinerja smartphonemu.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab lambatnya kinerja smartphonemu:

  • Model dan spesifikasi yang sudah ketinggalan zaman
  • Terlalu banyak aplikasi yang diinstall
  • Banyak aplikasi yang disinkronkan satu sama lain
  • Banyak aplikasi yang tidak update

Jadi tahu kan penyebab kecepatan koneksi internet di smartphonemu menjadi lambat? Setidaknya kamu bisa mengatasi jika tiba-tiba koneksi internet di smartphonemu melambat. Semoga bermanfaat!

  • Terlalubanyak aplikasi yang diinstall
  • Banyak aplikasi yang disinkronkan satu sama lain
  • Banyak aplikasi yang tidak update

Jadi tahu kan guys penyebab kecepatan koneksi internet di smartphonemu menjadi lambat? Setidaknya kamu bisa mengatasi jika tiba-tiba koneksi internet di smartphonemu melambat. Semoga bermanfaat!


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: jalantikus.com

TAGS:


comments