Selasa, 19 Juni 2018


Cerita Masa Kecil Sy Fasha: Pernah Dipanggil 'Anak Ibu yang Suka Berhutang'


Kamis, 22 Februari 2018 | 12:34:21 WIB


Sy Fasha
Sy Fasha / Istimewa

JAMBI- Walikota Jambi DR H Sy Fasha ME punya pengalaman pahit saat masih tinggal d Tembok Batu, Palembang. Tidak hanya mengalami keterbatasan secara ekonomi, tapi Fasha kecil juga pernah dipanggil sebagai ‘’Anak Ibu yang Suka Berhutang”.

Fasha menceritakan, keterjepitan ekonomi memaksa ibundanya Maniah harus hutang ke mana-mana untuk menutupi kebutuhan keluarga, sampai ke toko-toko, secara bergantian.

‘’Pernah saya ditanya, kamu anak siapa, anak ibu yang suka berhutang ya? Saya ditanya warga yang lain. Cemohan ini menjadi cibiran yang terus ke luar dari mulut warga Kampung Tembok Batu,’’ kenangnya.

Bahkan, kata Fasha, dirinya menyaksikan sendiri ketika ibunya sedang mengajar ngaji, seringkali ada orang yang datang menagih hutang sambil menghina ibunya, tanpa peduli saat itu ibunya sedang mengajari ngaji.

‘’Ibu menangis karena cemoohan itu. Padahal yang beliau lakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan makan dan berbagai kebutuhan kami sehari-hari. Saya lebih banyak berdiam diri dan belajar di rumah, kalau pun diajak keluar oleh teman, saya malu, karena orangtuanya sering diutangi oleh ibu,’’ katanya.

Sampai akhirnya, kata Fasha, saat kakak tertuanya menjadi dokter, barulah hutang-hutang orang tua bisa dilunasi. ‘’Kakak perempuan saya Alhamdulillah juga berhasil jadi insinyur, dia juga banyak membantu melunasi hutang-hutang kami,’’ pungkasnya. 


Penulis: Khusnizar
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments