Rabu, 18 Juli 2018

Hadapi UNBK, SMA 7 Maksimalkan Materi UN

Bahas Kisi-kisi dan Pelajaran Tambahan

Rabu, 07 Maret 2018 | 16:42:05 WIB


Kepala SMA Negeri 7 Kota Jambi, Samuri
Kepala SMA Negeri 7 Kota Jambi, Samuri / Jainal Abidin

JAMBI - Jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA, 9 April mendatang, sejumlah sekolah susah mempersiapkan siswanya menghadapi ujian untuk menentukan kelulusan.

Seperti halnya SMA Negeri 7 Kota Jambi. Sejak jauh hari sekolah ini, mempersiapkan siswa Kelas XII untuk menghadapi ujian medatang. Salah satunya dengan mematangkan materi soal yang nantinya bakal diujiankan.

Kepala SMA Negeri 7, Samuri menyebutkan, pematangan materi UN dilakukan sekolah seperti, pelaksanaan try out (TO) untuk memastikan kesiapan siswanya menghadapi ujian nasional, terutama dalam penguasaan dan pemahaman materi yang telah dipelajari.

"Kita sudah laksanakan TO pertama, dan dalam waktu dekat TO kedua juga akan dilaksanakan," jelas Samuri, Selasa (6/3) kemarin.Di samping itu, pihaknya juga memaksimalkan kegiatan belajar dengan membahas kisi-kisi soal yang biasanya muncul pada materi UN.

Selain itu, sekolah juga telah memebrikan pelajaran tambahan sejak beberapa waktu lalu. "Pelajaran tambahan dilaksanakan usai kegiatan belajar setiap hari,"
ujarnya.

"Sehingga, tidak menganggu siswa dan guru yang lain. Siswa Kelas XII juga bisa lebih fokus mengikuti pelajaran tambahan yang diberikan," ungkapnya.

Terkait TO yang sudah dilaksanakan, Samuri menilai dari hasil evaluasi nilai siswa belum memuaskan. Bahkan beberapa siswanya yang saat ini tengan mengikuti simulasi UNBK, nilainya belum mencapai standar kelulusan ujian nasional.

" Terutama pada mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris," ungkapnya.

Selain itu, sekolah yang akan ditumpangi UNBKnya oleh SMP Negeri 13 Kota Jambi ini, materi yang diujikan juga belum dikuasai siswa. Karena pembahasan di kelas belum sampai pada materi soal. "Makanya siswa masih kebingungan menjawabnya," terangnya.

Untuk mengantisipasi nilai siswa yang belum memuaskan, sekolah memberlakukan pelajaran tambahan dan pematangan kisi- kisi, di samping akan melaksanakan TO kembali dalam waktu dekat.

Ia berharap dengan upaya yang telah dilakukan sekolah, siswa siap mengikuti UNBK mendatang, dan tidak menemukan kendala yang dapat mengganggu kesiapan UNBK.  "Tentunya hasil ujian yang didapat semua siswa juga akan memuaskan," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments