Rabu, 20 Juni 2018


Model Soal Mid Semester SMP 2 Seperti USBN


Sabtu, 10 Maret 2018 | 11:52:32 WIB


Kepala SMP Negeri 2, Asmiyati
Kepala SMP Negeri 2, Asmiyati / Jainal Abidin

JAMBI- SMP Negeri 2 Kota Jambi saat ini tengah menyelenggarakan ujian Mid semester, pelaksanaan mid semester 5 hingga 10 Maret nanti dengan mengujikan mata pelajaran yang telah dipelajari selama 2 bulan lalu.

Dan dari soal mid semester yang diujikan saat ini ada yang berbeda dengan soal ujian mid sebelumnya dimana menyediakan soal essay disamping soal pilihan ganda yang harus dikerjakan siswa. Hal ini diungkapkan Kepala SMP Negeri 2, Asmiyati saat ditemui.

"Belajar dari soal USBN lalu, terdapat 5 soal essay," katanya.

Dia menilai, hal ini harus dilakukan sekolah untuk menyiapkan siswa nantinya mengikuti USBN yang juga telah tersedia soal essay dan siswa tidak kaget atau kesulitan dalam mengerjakannya, dan mengakibatkan hasil ujian tidak memuaskan.

"Sejak dini kita biasakan menyelesaikan soal dengan jawaban uraian atau essay," sebutnya. Menurut Asmiyati lagi, pelaksaan ujian mid semester ini diikuti seluruh siswanya dari kelas VII hingga kelas IX selama sepekan, dengan seluruh mata pelajaran yang diajarkan selama ini di kelas untuk tahapan pengisian nilai rapor.

"Jadi sebelum nantinya anak ujian semester, nilai laport dibantu dengan ujian mid ini," paparnya.

Di samping melihat kemampuan belajar siswa selama 2 bulan belakangan ini, ia menyebutkan, ini untuk tahapan pengisian nilai laport jelang pelaksanaan ujian semester genap dilaksanakan. "Nilai mid mendukung nilai semester siswa," pungkasnya.

"Selain itu ada nilai untuk rapor, ijazah, USBN, dan UNBK," paparnya.

Selanjutnya ia berharap pelaksanaan ujian yang saat ini tengah dilaksanakan sekolah berjalan lancar, dan siswa dapat mengikuti dengan baik sehingga nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan.

" Terutama siswa harus memahami dan menguasai materi yang telah dijelaskan guru selama di kelas," ucapnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments