Rabu, 20 Juni 2018


36 Murid SD Ikuti Seleksi OSN Tingkat Kota Jambi


Minggu, 11 Maret 2018 | 21:21:36 WIB


Murid SD di Kota Jambi saat mengikuti seleksi OSN tingkat Kota Jambi
Murid SD di Kota Jambi saat mengikuti seleksi OSN tingkat Kota Jambi / Zainal Abidin

JAMBI - Dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa di bidang akademik, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi menyelenggarakan seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Jambi, yang diikuti murid Sekolah Dasar (SD) yang sebelumnya telah terpilih 3 besar di masing-masing UPTD. Kegiatan ini berlangsung di lantai 3 SD Negeri 47 Telanaipura Kota Jambi, Sabtu (10/3/2018).

“Sebanyak 36 siswa SD yang terdiri 18 peserta IPA dan 18 peserta matematika yang mengikuti seleksi OSN tingkat kota," kata Kabid Pembinaan SD Disdik Kota Jambi, Supardi, saat memantau kegiatan OSN berlangsung.

Menurutnya, kegiatan yang mengusung tema membangun generasi berkarakter, berkualitas, dan kompetetif ini diikuti sebanyak 6 UPTD di lingkungan Kota Jambi, dengan masing- masing UPTD mengutus 3 peserta masing- masing bidang yang dilombakan.

Setiap peserta diberikan waktu selama 90 menit untuk menyelesaikan 40 soal yang disediakan tim seleksi dari Disdik kota, baik dari soal pilihan ganda maupun soal essay untuk menjaring 3 besar yang akan mengikuti OSN tingkat provinsi. “Kalau tahun lalu soalnya pilihan ganda semua, tahun ini pilihan ganda dan essay,” paparnya.

Kepala Disdik Kota Jambi, Arman menyebutkan, kegiatan OSN tingkat kota secara rutin diadakan setiap tahun, dalam rangka persiapan OSN tingkat provinsi dan OSN tingkat nasional.

“Dari tingkat kota nantinya akan diambil 2 besar untuk mengikuti OSN tingkat provinsi, begitu seterusnya hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Dia menyebutkan, potensi persaingan tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya, yakni meningkat jumlah peserta 10 persen yang mengikuti. “Sekolah tahun lalu tidak mengutus, tahun ini mengirim seperti sekolah- sekolah baru,” kata Supardi.

Dia menilai peserta Kota Jambi mampu bersaing di tingkat provinsi, karena setiap tahunnya sebagai juara umum. Bahkan tingkat nasional beberapa peserta memperoleh juara.
“Tentunya prestasi ini terus dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan lagi,” ucapnya.

Dari hasil seleksi OSN tingkat Kota, akhirnya terpilih 4 peserta yang akan mengikuti OSN tingkat provinsi atas nama Gavin Chandra W asal sekolah SD Xaverius 1 Kota Jambi, dan Christian Axel Nataniel dari SD Unggul Sakti Kota Jambi bidang IPA.

Sedangkan bidang matematika atas nama  Fioren Endri dari SD Xaverius 1 Kota Jambi, dan Joshua Johan Sanjaya dark SD Xaverius 2 Kota Jambi yang akan mengengikuti seleksi OSN SD tingkat provinsi 29 Maret hingga 4 April mendatang.


Penulis: Zainal Azbidin
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments