Rabu, 20 Juni 2018


2018, BLK Targetkan Berikan Keterampilan ke 1000 Orang


Senin, 12 Maret 2018 | 10:49:54 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi, Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Jambi terus melakukan upaya memberikan keterampilan bagi masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala BLK Provinsi Jambi, Hamdan. Ia mengatakan, tahun ini BLK Provinsi Jambi menargetkan memberikan keterampilan terhadap sebanyak 1000 orang.

“Target ini sesuai dengan intruksi pemerintah pusat dalam meningkatkan keterampilan masyarakat untuk dapat mencipatakan lapangan kerja sendiri,” katanya.
Ia mengatakan, jumlah ini meningkat hampir 10 kali lipat dari pelaksanaan tahun 2017. Tahun lalu BLK Provinsi Jambi hanya memberikan pelatihan terhadap 114 orang masyarakat.

Sementara itu, untuk tahun ini, lanjut Hamdan, BLK Provinsi jambi mendapat bantuan dari pemerintah pusat dalam pelaksanaan pelatihan keterampilan. Bantuan ini sesuai dengan target yang diberikan.

Namun ketika disinggung berapa bantuan dari pemerintah pusat yang akan masuk, Hamdan mengatakan belum mendapat kepastian dari pemerintah pusat.
“Bagi yang berminat silakan mendaftar melalui website BLK Provinsi Jambi,” katanya.

Dia mengatakan, syaratnya adalah orang yang mau mengembangkan keterampilan. Kemudian menyerahkan fotokopi ijazah terakhir, fotokopi KTP, dan pasfoto.

Kemudian pelatihan keterampilan yang diberikan ada 11 macam. Seperti yang berhubungan dengan listrik yakni teknik listrik, teknik elektronik, dan tenologi informasi komputer.

Kemudian teknik otomotif, pelatihan yang diberikan dibagi menjadi 3 yakni mesin mobil bensin, mobil solar dan motor. Ada juga pelatihan kontruksi teknik las dan bangunan.

Khusus utuk wanita, disediakan garmen apparel pelatihan yang diberikan seperti menjahit dan bordir. Selanjutnya administrasi perkantoran dan processing.
“Kita juga memberikan pelatihan teknik manufaktur, dan terakhir refrigenerator,” pungkasnya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments