Senin, 18 Juni 2018


Bronjong Penahan Tanah Rusak, Air Meluap


Senin, 12 Maret 2018 | 14:38:20 WIB


Bronjong penahan tanah rusak
Bronjong penahan tanah rusak / Nanang Suratno

MUARASABAK-Saluran pembuangan air di kawasan perkantoran tepatnya di jalan dua jalur rusak akibat diterjang luapan air akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Tidak hanya saluran pembuangan air, bronjong penahan tanah agar tidak longsor juga rusak dihantam derasnya arus air yang meluap. 

Jika tidak segera dilakukan perbaikan dipastikan jalan dua jalur akan putus dan dipastikan arus lalulintas akan terganggu. Terkait hal ini Kepala Dinas PUPR Tanjabtim akan segera melakukan perbaikan. Karena persoalan bronjong merupakan pekerjaan pada dinas PUPR.

"Ya memang rusak dan harus secepatnya diperbaiki. Dan ini tanggung jawab dinas PUPR," ujar Sekretaris Dinas PUPR Tanjabtim, Syahril.

Dia mengatakan, bronjong yang rusak merupakan penahan agar tanah tidak longsor akibat derasnya pembuangan air. Tetapi melihat kondisi bronjong saat ini jika tidak segera diperbaiki maka akan mengakibatkan longsor dan jalan putus.

"Bupati juga sudah cek, dan kita tengah mempersiapkan perbaikannya secepat mungkin," jelasnya.

Dijelaskannya, untuk saat ini karena cuaca juga masih tidak mendukung maka Dinas PUPR akan melakukan perbaikan yang sifatnya hanya sementara.
"Yang jelas kita antisipasi bagaimana kerusakannya tidak bertambah parah," tegasnya.

Terkait efektif dan tidak efektifnya, pihak PUPR masih akan berkoordinasi apakah nantinya akan dibangun saluran air seperti box culvert sehingga benar-benar memadai atau mungkin akan dibangun sejenis pintu air. "Akan kita pelajari dan berkoordinasi dahulu agar nantinya benar-benar efektif," tandasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments