Senin, 18 Juni 2018


Tangkal Informasi Sesat dan Hoaks, Kemenag Inventarisasi Akun Medsos ASN


Senin, 12 Maret 2018 | 21:02:56 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI-Untuk menangkal terjadinya informasi sesat dan hoaks, Kemenag Provinsi Jambi dalam waktu dekat ini akan menginventarisasi semua akun-akun media sosial Aparatur Sipil Negara (Negara) di lingkup Kemenag.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi melalui Humas Kemenag Provinsi Jambi Thoif mengatakan, pengumpulan akun-akun medsos para ASN itu dianggap penting, pasalnya saat ini banyak sekali informasi sesat atau hoaks yang menyebar di Medsos. 

Menurut dia, berita hoaks di Medsos itu disebar oleh orang tak bertanggung jawab, namun tak dipungkiri juga penyebarnya adalah ASN yang berasal dari lingkup Kementerian agama Republik Indonesia.

"Sekarang kita masih merancang dan menunggu juknis dari pusat," kata Thoif.

Dijelaskan Thoif lagi, pengumpulan akun media sosial ASN tersebut dalam rangka memerangi berita hoaks yang selalu menyebar di media sosial. Untuk itu, setelah ini berlalu, nantinya tidak ada lagi berita hoaks yang menyebar, terkhusus dari kalangan ASN di lingkup Kementerian agama.

Kata dia, bukan hanya akun ASN saja yang akan dipantau namun akun-akun honorer, tenaga penyuluh dan pegawai lainnya di lingkup Kemenag juga tak luput dari pantauan.

Selain memantau akun media sosial, tim yang bernamakan tim cyber atau sora cyber team juga akan memperkuat apa yang menjadi kebijakan kementerian agama. Kemudian meluruskan informasi dan berita ujaran kebencian yang menyebar. 

"Isi team ini nantinya ada pakar agama, pakar IT, dan ahli-ahli lainnya," pungkasnya.  


Penulis: Sharly
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments