Kamis, 21 Juni 2018


Sejumlah Ruas Jalan Kerinci Dinaikkan Status Menjadi Jalan Strategis Provinsi


Senin, 12 Maret 2018 | 13:13:49 WIB


Adirozal saat bersama Gubernur Jambi ketika meninjau salah satu jalan di Kerinci
Adirozal saat bersama Gubernur Jambi ketika meninjau salah satu jalan di Kerinci / Istimewa

KERINCI - Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kerinci yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci dibawah kepemimpinan Bupati (non aktif) Adirozal untuk dinaikkan status menjadi jalan strategis Provinsi Jambi disetujui oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola. 

Adapun ruas jalan yang disetujui menjadi jalan provinsi yakni ruas jalan Lubuk Nagodang–Kemantan-Tanjung Tanah sepanjang 32,6. 

Sedangkan ruas jalan di Kerinci Hilir, yaitu jalan Kelok Sago–Sanggaran Agung sepanjang 19,9 km dan jalan Lolo Gedang – Sungai Hangat- Pulau Sangkar sepanjang 17,4 km. Total jalan Kabupaten Kerinci yang dinaikan status menjadi jalan strategis provinsi sepanjang 70 km. 

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kerinci, Yuldi Herman kepada sejumlah wartawan. “Iya, sejumlah jalan Kabupaten sudah dinaikan menjadi jalan strategis Provinsi Jambi yakni jalan Lubuk Nagodang-Kemantan-Tanjung Tanah. Sedangkan wilayah Hilir yakni jalan Kelok Sago – Sanggaran Agung sepanjang dan jalan Lolo Gedang – Sungai Hangat- Pulau Sangkar," katanya. 

Pengakuan dia, dengan naiknya status tersebut, maka pembangunan jalan itu nantinya akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, melalui APBD Provinsi Jambi dan bukan lagi APBD Kabupaten Kerinci. 

Menurutnya, naiknya status jalan Kabupaten menjadi jalan strategis Provinsi tidak lepas dari upaya Bupati Kerinci Adirozal bersama dengan DPRD Kabupaten Kerinci. Sebab, kata dia, dengan naiknya status jalan ini, maka pengerjaan jalan itu bisa menggunakan dana APBD Provinsi Jambi.

“Kita bersyukur. Usulan Bupati Kerinci (nonaktif) Adirozal dan DPRD Kerinci sudah disetujui Gubernur Jambi, Bapak Zumi Zola. Kita yakin dan optimis, beralihnya status jalan ini maka jalan di tiga ruas itu sudah bisa ditangani Provinsi Jambi. Sehingga jalan itu ke depan akan lebih lebar dan lebih bagus,” terangnya.


Penulis: Dedi
Editor: Herri Novealdi



comments