Rabu, 20 Juni 2018


Ingatkan Kades Kelola Dana Desa, Masnah: Jangan Sampai Tersandung Hukum


Selasa, 13 Maret 2018 | 10:11:17 WIB


Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro
Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro / dok/metrojambi

SENGETI-Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro tidak ingin para Kepala Desa (Kades) terlibat dalam permasalahan hukum akibat kesalahan dalam penggunaan dan pertanggungjawaban Dana Desa (DD) yang bersumber dari Pemerintah pusat.

Menurut dia, para Kades harus ekstra hati-hati dalam mengelola DD dan dapat mempertanggungjawabkan sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku.
"Saya ingatkan, kelola DD harus hati-hati dan ikuti aturan yang belaku. Jangan sampai tersandung hukum," kata Masnah Busro.

Untuk menjamin kemanfaatan DD yang dikelola oleh Kades, Bupati yang akrap disapa Upik Masnah ini, mengatakan bahwa pemerintah sudah bekerjasama dengan kepolisian dalam mengawasi pengelolaan dan penggunaan DD agar para Kades tidak tersandung permasalahan hukum.

Langkah-langkah pemerintah, kata Masnah, dalam upaya menjaga para Kades agar tidak tersandung permasalahan hukum telah dilakukan, mulai dari pelatihan keuangan desa sampai pada sosialisasi pengawasan terhadap dana-dana yang bergulir di desa.

Di samping itu para Kades diberikan standar pelaporan dan pertanggungjawaban serta Petunjuk Tehnis (Juknis) sebagai petunjuk yang harus diikuti.

"Kita sudah bekerja sama dengan BPK dan Kepolisian melakukan sosialiasi dan memberikan petunjuk penggunaan dana desa," pungkasnya.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments