Senin, 18 Juni 2018


Lantik 3 Kades, Pjs Bupati Merangin Ingatkan Soal Pengelolaan Dana Desa


Selasa, 13 Maret 2018 | 20:50:18 WIB


Pjs Bupati Merangin, Husairi, saat melantik Kades Muaro Panco Barat, Halib Mawardi, dan Kades Tiangko, M Razali
Pjs Bupati Merangin, Husairi, saat melantik Kades Muaro Panco Barat, Halib Mawardi, dan Kades Tiangko, M Razali / Humas Pemkab Merangin

BANGKO – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Merangin, H. Husairi, Selasa (13/3/2018), melantik Halib Mawardi sebagai Kepala Desa (Kades) Muaro Panco Barat, Kecamatan Renah Pembarap. Halib Mawardi merupakan Kades terpilih pada Pilkades beberapa waktu lalu, dan dilantik untuk menggantikan Jamatul Muslim yang telah habis masa jabatannya.

Selain Halib Mawardi, Husairi juga melantik M Razali sebagai Kades Tiangko, Kecamatan Sungai Manau, menggantikan M Zuhdi. Acara berlangsung di halaman Masjid Baitussalam, Desa Muaro Panco.

“Ini pertama kalinya saya melantik kepala desa. Saya berharap kepada kedua kepala desa yang dilantik hari ini untuk bisa menjalankan tugas dengan baik, yang merupakan amanat masyarakat,” kata Husairi.

Ditambahkannya, sumpah janji dan pakta integritas yang dibacakan harus benar-benar dilaksanakan. Sebab jika hal itu dilaksanakan mudah-mudahan akan selamat dunia dan akhirat.

Dalam membangun desa, lanjut Husairi, kades juga harus berkoordinasi dengan Badan Pemusyawarahan Desa (BPD) serta para tokoh masyarakat. Kades juga harus terbuka terkiat penggunaan anggaran desa.

“Dari tahun ke tahun sudah banyak kepala desa yang tersandung hukum, karena salah dalam menggunakan dana desa. Kita jangan gelap mata melihat anggaran yang besar, semua itu harus dipertanggungjawabkan,” pungkas Husairi.

Setelah dilantik menjadi Kades, Halib Mawardi dan M Razali juga dikukuhkan menjadi pembina adat desa. Masing-masing Kades mendapat gelar adat, Halib Mawardi mendapat gelar Depati Rajo Mangkuto dan M Razali mendapat gelar Pengulu Basa.

Pada kesempatan itu, Pjs Ketua TP PKK Kabupaten Merangin, Hj. Elianna Farida Husairi, juga melantik Susilawati M Rozali menjadi Ketua TP PKK Desa Tiangko, dan Nurhayati Halib dilantik menjadi Ketua TP PKK Desa Muara Panco Barat.

“Selamat, semoga ibu-ibu bisa menjalankan tugas sebaik mungkin,” ujar Elianna.

Pantauan di lapangan, dari Muaro Panco, Husairi dan rombongan bertolak ke Desa Mampun Baru, Kecamatan Pamenang Barat. Kedatangan Husairi adalah untuk melantik S Arman sebagai Kades Mampun Baru, menggangukan Sutarno.


Penulis: Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments