Rabu, 20 Juni 2018


SMA 4 Kota Jambi Pinjam Laptop Toko

Penuhi Kebutuhan Simulasi Tahap Akhir dan UNBK

Rabu, 14 Maret 2018 | 14:52:00 WIB


Suasana belajar di SMA 4 Kota Jambi. Untuk kebutuhan simulasi dan UNBK, SMA 4 harus meminjam sebagian laptop dari toko
Suasana belajar di SMA 4 Kota Jambi. Untuk kebutuhan simulasi dan UNBK, SMA 4 harus meminjam sebagian laptop dari toko / Jainal Abidin

JAMBI - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA akan digelar 9 April mendatang. Sejumlah sekolah, saat ini tengah mematangkan persiapkan dengan menggelar simulasi UNBK tahap akhir atau finalisasi persiapan selama 3 hari, 12- 14 Maret.

Meskipun melaksanakan simulasi, sejumlah sekolah hingga kini masih kekurangan sarana dan prasarana, sehingga harus berkoordinasi dengan pihak luar untuk membantu.

Seperti yang dialami SMA Negeri 4 Kota Jambi. Sekolah ini harus meminjam laptop milik toko untuk melaksanakan simulasi dan UNBK mendatang. Kepala SMA Negeri 4, Yorinal mengatakan, pihaknya saat ini masih kekurangan komputer UNBK untuk memenuhi kebutuhan 400 siswa Kelas XII yang akan mengikuti ujian nasional April mendatang, meskipun beberapa waktu lalu sekolah mendapat bantuan 8 unit dari alumni SMA Negeri 4 Kota Jambi.

"Untuk 400 siswa kita yang akan ikut ujian nasional, sekolah membutuhkan 160 unit komputer," ujarnya, Selasa (13/3) kemarin. Guna menutupi kekurangan prasarana UNBK, sekolah terpaksa meminjam laptop milik toko. Ini dilakukan, agar kebutuhan komputer bisa terpenuhi. "Kita pinjam laptop toko sebanyak 20 unit," imbuhnya.

Menurutnya, untuk kerjasama dengan toko ini, pihaknya nanti akan meminjam selama pelaksanaan simulasi dan UNBK mendatang. ‘’Anggaran untuk peminjaman laptop tersebut, sekolah akan menggunakan dana BOS triwulan pertama tahun 2018,’’ jelasnya.

Yorinal mengungkapkan, sekolah juga berkoordinasi dengan orangtua untuk meminjamkan laptop bagi anaknya. ‘’Sebelumnya telah dilakukan pertemuan untuk membicarakan terkait peminjaman ini,’’ katanya. "Pinjam laptop orangtua sebanyak 80 persen dari kebutuhan, karena kita siapkan cadangan untuk antisipasi kerusakan," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments