Rabu, 20 Juni 2018


Tak Jadi Menumpang, SMP IT Al-Muthmainah Siap Gelar UNBK Mandiri


Rabu, 14 Maret 2018 | 14:53:20 WIB


Rencana SMP IT Al Muthmainah menumpang UNBK 2018 ini tidak jadi dilakukan, karena sekolah mampu menggelar ujian nasional secara mandiri
Rencana SMP IT Al Muthmainah menumpang UNBK 2018 ini tidak jadi dilakukan, karena sekolah mampu menggelar ujian nasional secara mandiri / Jainal Abidin

JAMBI - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Islam Al-Muthmainah Kota Jambi mulai menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan secara mandiri Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 23 April mendatang.

Sebelumnya, sekolah yang berada di kawasan Mayang Mangurai ini, bakal mengikuti ujian nasional menumpang di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi.Namun karena sekolah mampu menyelenggarakan secara mandiri dan telah berkoordinasi dengan Disdik Kota Jambi, rencana menumpang tersebut dibatalkan.

Hal ini dibenarkan Wakil Kepala SMP IT Al-Muthmainah, Karmila Sari, belum lama ini. "Awalnya kita bakal menumpang di sekolah lain, namun karena kita mampu menyediakan prasaran UNBK, akhirnya kita mandiri," ujarnya.

Menurut Karmila, siswa SMP IT Al-Muthmainah, sebelumnya telah mengikuti simulasi UNBK di SMP Ahmad Dahlan dengan fasilitas sekolah tersebut, untuk mematangkan siswanya dalam menghadapi ujian nasional mendatang.

"Insya Allah untuk simulasi berikutnya, kita bisa melaksanakan di sekolah sendiri," jelasnya.

Sekolah dengan peserta ujian nasional sebanyak 9 orang ini telah mempersiapkan prasarana yang dibutuhkan dalam menghadapi UNBK, seperti ruangan ujian, komputer, server, jaringan dan kebutuhan lainnya. "Kita sediakan laptop 5 unit untuk 9 siswa Kelas IX yang ikut UNBK," ungkapnya.

Bahkan, pihaknya juga telah mendaftarkan ke 9 siswanya ini ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai peserta ujian nasional tahun 2018 pada April mendatang.

Selain itu sekolah juga telah memberikan pelajaran tambahan setiap hari usai kegiatan belajar mengajar, membahas materi soal yang diujikan dan kisi- kisi ujian nasional sebelumnya.

Harapannya, pada saat ujian nasional nanti, siswa mampu menjawab soal sesuai yang dibutuhkan atau menjawab secara benar. "Dan tentunya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments